Mohon tunggu...
MamikSriSupadmi
MamikSriSupadmi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

KaderPosbindu. Pokja dan BinaLingkungan diDesa.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Agar Bodi Tetap Tipis-Tipis : Berjemur Sambil Cardio Ringan, Asupan Buah dari Rujak Segar, Jangan Malas

10 September 2021   12:27 Diperbarui: 10 September 2021   13:26 117 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saya selalu tertawa setiap melihat status teman - teman saya di medsos baik lewat WhatsAp, instagram dan Facebook yang mensikapi situasi dan kondisi Pandemi ini dengan guyonan dan parodi yang ada kaitannya dengan pola keseharian kita. Kampanye penggunaan masker sering diplesetkan sebagai Mangan, Turu, Metu Maskeran. Artinya Makan, Tidur, Keluar Maskeran. 

Atau parodi gambar Jaga Jarak, Tetap Bermasker yang memperlihatkan sekumpulan ibu ibu bermasker dan say No pada aneka ragam jajanan dan cemilan ; bakso, mie ayam , cilok, dll dsb. Lucu dan menghibur hati ya? Kalian semua pasti juga sudah terbiasa dengan parodi sejenis yang wara wiri dimedsos. Lumayan ya untuk meningkatkan imunitas kita saking terhibur dan tertawanya.

Anggap saja semua parodi itu mengingatkan gaya hidup kita selama pandemi ini. Karena alasan gabut dan melihat porsi berita di media yang kita lihat dan tanggapi secara berlebihan. Di awal awal dan pertengahan pandemi wajar bila tubuh dan pola pikir kita masih bekerja keras untuk beradaptasi dengan situasi ini. 

Stress ringan pada tubuh membuat kita tak sadar untuk melampiaskannya pada makanan  dan minuman secara tak terkontrol. Meminum susu, makan komplit empat sehat memang bagus dan dianjurkan tapi kadang kita tidak sadar mengkonsumsinya secara berlebih karena tersugesti untuk menjaga gizi dan asupan tubuh. 

Dan bagaimana tidak bertambsh berat badannya apabila badan kita hanya mengimbanginya dengan kegiatan yang sifatnya rebahan. Melihat tiktok, snack video, menonton TV, chanel khusus film dan lain lain kita lakukan sambil rebahan. Dilengkapi dengan secangkir minuman berkalori atau minuman kaleng pula. Walhasil, sukses rebahannya, lancar hiburannya dan singkron naik pula tambahan berat badannya. 

Hahaha... mulai panik panik sedikit, tetapi jangan khawatir tak ada waktu terlambat untuk mengatur pola hidup kita agar lebih sehat bukan? Berikut kegiatan ringan tetapi juga ringan dikantong yang mulai dapat kita terapkan.

Dipagi hari saat sinar matahari bagus untuk asupan tubuh, berjemur bisa kita selingi dengan senam cardio aneka gerakan yang bisa kita lihat di yutub dll selama 10 sd 15 menit. Mengapa senamnya mengikuti tutorial mereka yang ahli karena pola gerakan ,lama dan bilangannya sudah sedemikian rupa diatur untuk keseimbangan tubuh. 

Untuk kesehatan jantung, aliran darah, pembakaran lemak dan manfaat lainnya. Beberapa video tutorial juga bisa diunduh untuk variasi gerakan agar tidak bosan. Makanya ada senam goyang tiktok, SKJ kenangan dan sebagainya. Berjemur sambil cardio ringan ini alternatif untuk yang tidak terlalu menyukai bersepeda diluat atau barangkali tidak bisa menaiki sepeda dengan alasan tertentu. Ikuti tutorialnya, tetap gobyos dan sehat.

Pola makan dan minum juga harus kita atur agar tepat guna bagi tubuh. Makan buah bengkuang, melon bisa kita pilih untuk menjaga kesehatan lambung. Pisang, pepaya, jeruk diselingi untuk prebiotik dan pencernaan. Minuman hangat bisa kita buat dari jeruk nipis dan jahe yamg kita kupas dan geprek dan digodog sampai air panas. 

Tambahkan gula secukupnya sudah segar dan hangat ditubuh. Sesekali teh panas tawar. Memasak sehari hari juga yang praktis membuatnya. Rujakan aneka buah segar dengan sambal yang diuleg dalam porsi cukup bisa untuk alternatif kenyang, dan akhirnya makan karbo  dalan porsi ringan. Sesekali kalau ingin  makan cripik pisang, pohung, peyek, sebelumnya minum air hangat yang banyak dulu. Jangan lupa jus buah ringan semangka , jambu untuk teman ngemil agar porsi ngemil tidak terlalu banyak.

Banyak  berpikir positif saat ini termasuk cara kita menjaga kesehatan pikiran. Mulai dari bangun tidur dan akan tidur lagi jangan malas bergerak untuk pekerjaan rumah yang bisa kita lakukan sendiri.  Dulu seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali dan bahkan jarang kita mengelap kaca, perabot rumah, mencuci kendaraan, membersihkan kamar mandi, merapikan isi lemari dan sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan