Mohon tunggu...
Astrid Setya
Astrid Setya Mohon Tunggu... Freelancer - Happines adalah pilihan

Berbagi kisah perjalanan dari catatan harian, catatan kehidupan baik yang menyenangkan, gembira, menyedihkan hingga horor. Semoga catatanku ini bisa bermanfaat, menjadi berkat bagi yang membaca.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Bisakah Kau Hapus Lukanya?

17 Februari 2021   17:15 Diperbarui: 28 Juli 2022   07:19 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Saat kamu menemui ada kesalahan di bukumu, kamu bisa menghapusnya dengan correction pen atau penghapus. Tapi, kalau ada coretan dihati, bisakah kamu hapus luka itu?

Beberapa kali, ibu mertuaku menorehkan luka di hatiku, bahkan saat anak sulungku kecil, sering sekali aku dan anakku mendapatkan makanan basi. Dan itu jelas sekali disampaikan padaku. "Ini makan dulu, buat kamu, anakmu juga suamimu. Ini sayur basi, cepat dimakan".

Awal menerima perkataan itu, aku begitu kaget. Karena semiskin-miskinnya orang tuaku, aku tidak pernah makan sayur atau makanan basi.

Tapi mertuaku, orang yang hanya nemu aku, yang tidak pernah keluar uang dan tenaga untuk membesarkanku, justru melakukannya. Aku merasa terhina. Ingin marah dan kutumpahkan sayur itu di wajahnya. Tapi aku tidak mungkin bisa melakukan itu.

Aku cuma diam, tanpa perlu menjawab. Suamiku begitu marah, karena kami diperlakukan seperti itu. Padahal ada banyak sayur dan lauk baru dan enak, yang layak untuk dimakan.

Bertahun-tahun, setiap kali suami mengajak ke ibunya, tawaran makan sayur basi masih diberikan, hingga akhirnya, aku perlu memaksa suamiku untuk menolaknya.

Benar, akhirnya suamiku pun marah pada ibunya. Begitu juga anakku, dia berkata kalau makanan basi itu dibuang, bukan untuk diberikan orang. Jangan hina kami terus dengan sikap seperti itu. Itu kata-kata suamiku dan anakku pada mertuaku. Tapi aku cuma diam, karena luka yang aku terima terlalu pedih untuk diceritakan.

Waktu berjalan, perkataan suamiku pada ibunya adalah akhir dari ibunya memberikan lagi makanan basi.

Luka itu sudah berlalu, tapi masih terasa pedihnya. Namun dendam bukanlah jawaban untuk dilakukan. 

Karena luka itu tak bisa dihapus, maka jangan pernah melukai hati siapapun. (AS)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun