Mohon tunggu...
Maryati
Maryati Mohon Tunggu... Ibu dari 4 orang anak

Optimis, setia dan menebar kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Mendidik dan Mengenalkan Ramadhan pada Anak-Anak

16 April 2021   16:24 Diperbarui: 16 April 2021   16:42 138 2 0 Mohon Tunggu...

Mendidik dan Mengenalkan Ramadhan pada Anak-Anak

Oleh Maryati


Seruan untuk mendidik Anak telah di ajarkan oleh baginda Nabi Rasulullah SAW. Begitu juga kita sebagai umatnya, pasti akan mengikuti apa yang telah diajarkannya. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh "Ibnu Abbas"

"Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illaallah. Dan saat mereka meninggal dunia maka bacakanlah, Lailaha-illallah. Sesungguhnya barang siapa awal dan akhir pembicaraannya Lailah-illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya ". (HR Ibnu Abbas)

Berhubung Anak bungsuku baru berusia 3 tahun, maka hal inilah yang harus kita lakukan terhadapnya. Namun, aku belum bisa mengajarkan padanya karena ngomongnya masih belum jelas. Hanya saja dia baru aku ajarkan bershalawat kepada Nabi dan belajar bertakbir sebagai tanda mengenal Tuhan-Nya.
Kalau menurut ajaran Islam sendiri telah jelas perintahnya.
"Disebutkan bahwa pada usia 3 tahun, ajarkan kalimat Tauhid " LAILA HA ILLALLAH " sebanyak 7 kali. Kemudian saat menginjak usia 3 tahun 7 bulan, ajarkan anak kalimat MUHAMMADAR RASULLULLAH ".

Hal ini bisa saja kita terapkan pada Anak kita sesuai kemampuan Anak tersebut sebab tidak semua Anak mempunyai kemampuan untuk itu. Seperti yang terjadi pada keempat Anakku. Anakku yang bungsu, dia agak lambat bisa bicaranya. Berbeda dengan ketiga Kakaknya, mereka di usia 2 tahun ngomongnya sudah pada lancar.

Ada beberapa untuk mendidik anak, yang biasa aku lakukan pada keempat Anakku antara lain:

1. Mengajarkan mereka pada ayat al-qur'an.
Aku mengajarkannya mulai dari mereka dalam kandungan hingga mereka mampu membaca sendiri dengan benar. Selain mereka aku titipkan pada Madrasah tempat mereka menuntut ilmu Agama Islam.

2. Mengajarkan salat
Setiap Anak akan menjalankan setiap perintah orang tuanya, selama orang tua tersebut mau menjalankannya. Seperti memerintah salat pada Anaknya, berarti orang tualah yang harus duluan melakukan ibadah salat. Perintah salat  alhamdulillah sudah bisa dilakukan oleh keempat Anakku, termasuk yang bungsu. Si bungsu sangatlah senang jika kami mau melaksanakan salat Tarawih. Dia yang paling dulu mengajak kami, jika sudah terdengar suara adzan Isya.

3. Mengajarkan Puasa.
Puasa yang pertama kali aku ajarkan pada Anak-anakku adalah puasa Ramadhan. Puasa wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh siapa pun selaku Muslim, kecuali yang sudah ditentukan menurut ajaran Islam, siapa saja yang tidak boleh berpuasa. Ada 5 yang tidak diwajibkan berpuasa yaitu, Anak kecil dan orang gila, orang sakit dan orang jompo, wanita haid dan nifas, wanita hamil dan menyusui, juga musafir/orang yang lagi dalam perjalanan.

Meskipun Anak kecil belum boleh berpuasa wajib tapi dari usia 4 tahun aku telah mengajarkan mereka berpuasa secara bertahap. Di usia 4 tahun, Anakku berpuasa hanya setengah hari saja yaitu sampai jam 12 siang. Di usia 5 tahun, mereka aku ajarkan berpuasa hingga jam 4 sore. Baru pada usia 6 tahun, mereka tunas buka puasanya hingga menjelang magrib.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN