Mohon tunggu...
MomAbel
MomAbel Mohon Tunggu... Mom of 2

Belajar menulis untuk berbagi... #wisatakeluarga ✉ ririn.lantang21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

[Tanaman Hias 2021] Mengintip Si Cantik Calathea

14 Januari 2021   12:00 Diperbarui: 14 Januari 2021   13:37 481 16 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Tanaman Hias 2021] Mengintip Si Cantik Calathea
Berbagai macam tanaman Calathea (Foto kiri-kanan: pinterest, dok. pribadi, mybotaniland.com)

Tren berkebun di tahun 2020 sepertinya akan berlanjut di tahun ini. Berkebun dengan menanam berbagai tanaman hias 2021 di rumah adalah hobi yang baik untuk melepas stres dan meningkatkan imun tubuh.

Banyak tanaman hias yang nge-hits di tahun 2020, diantaranya keladi hias, monstera, dan agloenema. Merawat daun-daun tanaman ternyata menyenangkan. Apalagi daun-daun ini unik, dari bentuknya dan warnanya. Semakin unik warnanya semakin disuka. Bahkan semakin bolong atau sobek pun memberi kepuasan tersendiri.

Selama pandemi ini, saya sendiri tidak terlalu heboh mengoleksi tanaman hias. Hanya saya bersyukur bisa kembali memperhatikan tanaman yang ada di rumah. Sebelum pandemi, saya tak terlalu rajin mengurusnya.

Namun, tetap saja sih ada tanaman baru. Salah satunya calathea jenis Calathea louisae. Tanaman ini saya dapat ketika jalan-jalan ke Puncak Bogor. Awalnya tertarik sepertinya daunnya cantik dengan warna dan pola yang unik.

Iseng-iseng cari tahu nama tanaman ini, ternyata jenis calathea. Akhirnya jadi tahu banyak jenis calathea yang layak dikoleksi. Ohya, calathea mudah dirawat, yang penting di tempat sejuk dan tidak terpapar langsung dengan matahari. Namun penyiraman harus setiap hari dan tidak boleh sampai tergenang.

Berikut hasil mengintip jenis calathea. Beberapa diantaranya pasti sudah sering kompasianer lihat :

1. Calathea louisae

Jenis calathea ini paling sering ditemui. Terutama di daerah pegunungan yang dingin, calathea ini tumbuh subur. Daunnya sedikit bergelombang, berwarna hijau dengan sedikit hijau muda. Daun bagian bawah berwarna keunguan.

Calathea lousiae (Foto: dok. pribadi)
Calathea lousiae (Foto: dok. pribadi)
2. Calathea tricolor

Calathea jenis ini juga tak asing bagi kita. Daunnya unik dengan paduan 3 warna menarik, yaitu hijau, putih, dan pink.

Calathea tricolor (Foto: mybotanyland.com)
Calathea tricolor (Foto: mybotanyland.com)
3. Calathea orbifolia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN