Mohon tunggu...
Mama Aghnia
Mama Aghnia Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai dunia anak-anak, Parenting, Teknologi

saya menyukai dunia anak-anak, Parenting, dan Teknologi. Komunitas yang saya ikuti adalah Paberland (Forum Penulis Bacaan Anak) dan FLP (Forum Lingkar Pena). Yuk kenalan di Ig @diah_shanti.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perekrutan Anggota FLP Jatim Suguhkan Banyak Ilmu

1 Oktober 2022   05:50 Diperbarui: 1 Oktober 2022   05:55 110 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto kegiatan zoom. sumber dokumen pribadi

Semuanya bermula dari mention namaku oleh seorang teman kuliah di feed instagram FLP Jatim. Isi feed tersebut tentang perekrutan anggota baru FLP Jatim.

Sumber instagram @flpjatim
Sumber instagram @flpjatim
Masih ada waktu satu minggu dari tanggal berakhirnya pendaftaran. Masih sangat ragu-ragu dan maju mundur. Secara pribadi, memang ingin sekali bisa menelurkan karya buku. Namun incarannya adalah bisa membuat buku cerita pendek anak-anak dan picture book anak-anak. Sedangkan pengetahuan saya tentang FLP adalah komunitas menulis dengan konsentrasi karya fiksi dan non fiksi yang cenderung genre Remaja Keatas.

Ah sudahlah ikut aja, syaratnya ringan dan gampang. Daftar aja lah, zoom sekali dua kali selesai. Namun diluar dugaan, ternyata kegiatan ini sangat terstruktur dan diisi pemateri oleh senior-senior penulis Nasional. Sangat-sangat menarik. Pertuamuan zoom yang dikira hanya sekali dua kali ternyata ada 5 kali. Jarak zoom pertama dan kedua dan seterusnya adalah satu sampai dua minggu. Jadi, kegiatan ini telah berlangsung satu bulan lebih. Acara dimulai dari 7 Agustustus 2022 sampai 2 Oktober 2022 mendatang. Dalam setiap pertemuan zoom diisi oleh seorang pemateri senior. 

Pertemuan pertama dengan Pak Muchlisin BK, ketua FLP Jatim saat ini. Tema yang diusung adalah Motivasi kepenulisan. Mengapa Aku menulis? Untuk menjawab pertanyaan ini, membuat perenungan dalam bagi saya pribadi. Esok hari setelah pertemuan, pertanyaan ini masih mengiang-ngiang dalam otak, apa sesungguhnya tujuan ingin menulis. Sambil memasakpun juga masih memikirkan hal itu. Semenjak itu mulai menulis poin-poin mengapa sih ingin belajar menulis. Banyak ilmu dan sangat menambah wawasan buat saya pribadi yang masih sangat awam dengan kepenulisan.

Tidak Kalah menarik, pertemuan kedua di rangkaian kegiatan perekrutan ini diisi oleh pak Rafif Amir. Tema kali ini adalah tentang keorganisasian. Pak Rafif ternyata sangat paiwai memang dilingkup keorganisasian. Orangnya terlihat luwes sekali. Ternyata, FLP ini tidak hanya sekedar komunitas menulis saja. Tidak hanya sekedar tempat bertemu dan berkumpul para penulis. Namun ada sistem organisasi yang sangat terstruktur. Sehingga komunitas ini tetap hidup dan semakin berkembang. Penulis senior akan memberikan ilmu, dampingan dan dorongan kepada anggota-anggota baru. Untuk apa? Tentu untuk meberikan kaderisasi kepenulisan dalam organisasi FLP. Sehingga, akan selalu tumbuh penulis-penulis baru sebagai tunas-tunas baru yang akan dirawat subur dan membesarkan organisasi FLP. Kegiatan perekrutan seperti ini akan menghasilkan rantai tunas baru yang tidak akan mati. Keren sekali ya Oraganisasi FLP!

Pemateri di pertemuan ketiga adalah mbak Afifah Afra. Seneng banget mengikuti sesi ini. Nama mba Afifah Afra sudah terkenal dan memenangkan berbagai kejuaraan lomba kepenulisan nasional. Mbak Afifah juga telah menelurkan puluhan judul buku karya-karyanya. Pada sesi ini, Mbak Afifah Afra banyak sekali berbagi ilmu kepenulisan tentang menulis karya fiksi. Beliau mengajarkan dasar-dasar menulis karya fiksi. Penjabaran yang beliau ajarkan sangat detil dan sangat interaktif kepada peserta. Beliau juga memberikan contoh langsung bagaimana membangun karakter tokoh, konflik dan kelengkapan sebuah fiksi lainnya. Ahhh, aku terbuai dengan suguhan ilmunya.

Setiap sesi pertemuan memberikan suguhan tema-tema yang berbeda. Ini sangat menarik. Di pertemuan keempat pun seperti biasanya, kami para peserta mendapat kesempatan belajar langsung dengan pemateri handal. Kali ini adalah Bu Sinta Yudisia. Senior kepenulisan nasional. Banyak meraih juara dalam kompetisi-kompetisi nasional. Ada puluhan karya-karya beliau yang telah terbit, baik fiksi maupun non fiksi. Sesi kali ini beliau membawakan tema tentang "Menulis Non Fiksi". Seperti Mbak Afifah Afra, Bu sinta juga meberikan banyak pengetahuan tentang dasar menulis non fiksi, unsur-unsur menulis non fiksi, dan segala hal yang berkaitan dengan kepenulisan non fiksi. Menariknya, Bu sinta Yudisia juga memberi informasi tentang kegiatan residensi penulis. Kegiatan itu adalah perjalanan keluar negeri dalam rangka kegiatan menulis secara gratis. Wah sangat seru ya, Bu sinta yudisia membagikan pengalaman beliau ketika mengikuti program ini.

Besok adalah pertemuan terakhir dalam kegiatan perekrutan anggota FLP Jawa timur yang akan diselenggarakan besok, tanggal 02 Oktober 2022. Pemateri yang akan mengisi adalah Pak S. Gegge Mappangewa. Beliau juga senior nasional dalam kepenulisan. Sudah tidak sabar menunggu ilmu-ilmu yang akan beliau sampaikan.

Senang sekali rasanya bisa ambil bagian dalam kegiatan ini. Oya, untuk masing-masing sesi, peserta mendapatkan tugas loh. Tugas-tugas itu sebagai bentuk peng-aplikasian materi-materi yang telah disuguhkan oleh FLP Jatim. Saya sangat menikmati dalam setiap mengerjakan tugas-tugas itu. Secara tidak langsung, peserta diasah kemampuannya untuk memahami dan mempraktekkan suguhan ilmu yang telah mereka dapat dalam hal kepenulisan ini. Semoga kegiatan ini berlangsung dengan lancar sampai selesai. Terimkasih banyak FLP Jawa Timur untuk suguhan ilmu-ilmunya. Semoga menjadi ladang keberkahan, Aamiin.

Materi oleh Bu Sinta Yudisia. Sumber dokumen pribadi
Materi oleh Bu Sinta Yudisia. Sumber dokumen pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan