Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Buku Peta Penerbit dan Terbitan di Indonesia

29 September 2022   22:06 Diperbarui: 30 September 2022   08:50 179 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok Tim Data dan Kreatif Pusbiola

Buku Peta  Penerbit dan Terbitan di Indonesia Tahun 2021 disusun oleh Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan  (Pusbiola). Buku ini juga merupakan salah satu fungsi yang dijalankan oleh Pusbiola  Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT Maha Pemberi Petunjuk, karena rahmat dan hidayahnya kami mampu menyelesaikan pengolahan data ini dan menghimpunnya menjadi buku yang berjudul Sebaran Penerbit dan Terbitan di Indonesia. 

Memahami keberadaan penerbit di Indonesia adalah dasar fundamental bagi pengambil keputusan untuk mengetahui ekosistem penerbitan di daerahnya, yaitu di provinsi dan kabupaten kota di Indonesia.

Penerbit adalah salah satu indikator mengenai penciptaan pengetahuan di suatu daerah. Dengan kata lain dengan memahami kondisi penerbitan maka kita memahami salah satu indikator ekosistem penerbitan.

Atas dasar itulah data ini dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional untuk membantu para stake holder dan pemangku kebijakan untuk mengambil keputusan dan arah yang tepat dalam ekosistem penerbitan. 

Data ini terdiri dari peta sebaran penerbitan di Indonesia berdasarkan kabupaten dan kota. Peta tersebut dilengkapi dengan grafik pengajuan judul dan ISBN yang dikeluarkan dari tahun 1986 hingga 2021. Data ini juga sudah dilengkapi dengan olahan data penerbitan di 37 provinsi di Indonesia.

Dok Tim Data dan Kreatif Pusbiola
Dok Tim Data dan Kreatif Pusbiola

Terbitnya karya ini tentunya melibatkan banyak pihak yang berkontribusi besar. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tim penyusun di Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan di Perpustakaan Nasional. 

Juga kepada para penerbit yang memberikan kepercayaannya kepada kami untuk terus membantu dan berkontribusi. Kami meyakini bahwa karya yang kami persembahkan ini masih ada ketidaksempurnaan, maka tentunya kami sangat mengapresiasi masukan dan saran yang membangun untuk perbaikan kedepannya.

Berdasarkan Data Layanan ISBN di Perpustakaan Nasional Tahun 2021 sebaran penerbit dan terbitan di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Jumlah penerbit yang ada di wilayah Indonesia sebanyak 6.502 penerbit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan