Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Anggota DPR Komisi X, Bapak Ferdiansyah: Selamat Hari Kunjung Perpustakaan

16 September 2022   19:12 Diperbarui: 16 September 2022   19:27 128 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto Kiriman Bu Ofy dalam WAG Perpusnas

Hari Kunjung Perpustakaan dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 14 September mempunyai makna penting dalam upaya peningkatan kegemaran membaca masyarakat di Indonesia dan juga peningkatan indek literasi masyarakat. 

Kunjungan perpustakaan pada saat ini bukan hanya kunjungan secara langsung ke perpustakaan tapi bisa juga kunjungan secara virtual, di mana pemustaka tidak harus datang langsung ke perpustakaan untuk membaca dan meminjam koleksi perpustakaan yaitu melalui ketersedian kolleksi digital.

Seperti yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI melalui aplikasi Ipusnas, e-resources Perpusnas, khastara, bibliografi digital bni.perpusnas.go.id  dan lain sebagainya. 

Berbagai kegiatan dilakukan dalam perayaan hari kunjung perpustakaan seperti, webinar,  talkshow, bedah buku, dan workshop. Perayaan Hari Kunjung Perpustakaan juga disemarakan  dengan pembuatan twibbon,  poster, flyer dan disebarluaskan melalui media sosial seperti youtube, twitter, facebook, TikTok, dan Instragram.

Perayaan hari kunjung perpustakaan juga dilakukan oleh berbagai kalangan baik perseorangan, komunitas, lembaga dan institusi. Perpustakaan Nasional RI juga menyemarakan Hari Kunjungan Perpustakaan dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan secara langsung dengan virtual. 

Dewan Perwakilan Rakyat Komisi X juga ikut berperan dalam perayaan tersebut, salah satunya yang telah dilakukan oleh  anggota DPR Komisi X (Bidang Pendidikan, Olahraga, dan Sejarah) Bapak Ferdiansyah, SE.,M.M. turut serta merayakan Hari Kunjung Perpustakaan dengan membuat poster  yang diunggah di instagramnya,  dengan narasi: 

Selamat Hari Kunjung Perpustakaan: implementasi perpustakaan sebagai pusat literasi

Budaya gemar membaca, 14 September 2022. Dalam akun instagramnya Beliau menyampaikan pesan bahwa Perpustakaan menyimpan energi yang memicu imajinasi. Perpustakaan membuka jendela ke dunia dan menginspirasi kita untuk mengeksplorasi dan mencapai dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Selamat Hari Kunjung Perpustakaan 2022. Indonesia Gemar Membaca.

Selamat Hari Kunjung Perpustakaan. Salam Literasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan