Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan, Perpustakaan Nasional RI - Ketua Komisi Penerbitan Ikatan Pustakawan Indonesia

Pustakawan Perpustakaan Nasional suharyanto@perpusnas.go.id suharyanto_m@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Manifesto Perpustakaan Umum 2022: IFLA - UNESCO

31 Juli 2022   13:49 Diperbarui: 31 Juli 2022   13:54 454
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

International Federation of Library Association and Institutions (IFLA) dan Unesco pada tanggal 18 Juli 2022 menerbitkan dokumen bersama tentang IFLA-UNESCO Public Library Manifesto 2022. Dokumen ini diluncurkan pada saat pembukaan the 87th World Library and Information Congress (WLIC) di Dublin, Irlandia,  26 Juli 2022. 

Manifesto perpustakaan umum pertama kali dicetuskan pada tahun 1949 dan telah diperbaharui beberapa dekade mengikuti perkembangan perpustakaan dan masyarakat. Versi terakhir yang telah mendapatkan ratifikasi adalah terbitan tahun 1994 yang dijadikan landasan IFLA dalam memberikan advokasi perpustakaan umum

Perpustakaan Umum saat ini

Beberapa Batasan tentang perpustakaan umum yang dituangkan dalam dokumen  Manifesto Perpustakaan Umum 2022 adalah sebagai berikut :

Perpustakaan umum sebagai  pusat informasi lokal, menyediakan berbagai macam pengetahuan dan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat setempat dan terus beradaptasi dengan cara-cara baru.  Perpustakaan umum juga merupakan ruang terbuka bagi semua orang yang dapat diakses oleh masyarakat  untuk berkarya menghasilkan pengetahuan, berbagi dan bertukar informasi dan budaya  dan promosi yang melibatkan masyarakat.

Layanan perpustakaan umum diselenggarakan  atas dasar kesetaraan akses untuk semua orang, tanpa memandang usia, suku, jenis kelamin, agama, kebangsaan, bahasa, status sosial, dan sifat lainnya.

Perpustakaan umum juga harus menyedaiakan Layanan khusus dan koleksi khusus untuk pemustaka yang mempunyai keterbatasan baik secara fisik maupum mental, misalnya penyandang disabilitas, pemustaka yang tidak terampil dalam penggunaan perangkat komputer dan digital serta mempunyai keterbatasan dalam literasi, juga perlu menyediakan akses bagi pemustaka yang berada di masyarakat dan penjara.

Perpustakaan Umum harus menyediakan materi yang sesuai dengan kebutuhan berbagai kelompok usia dan koleksinya harus mencakup semua jenis bahan dengan media dan teknologi yang tepat guna dan modern.  

Perpustakaan umum  mencerminkan keragaman bahasa dan budaya masyarakat lokal yang ada, dan mencerminkan tren saat ini dan mengantisipasi evolusi masyarakat yang akan datang

Misi Perpustakaan Umum

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun