Mohon tunggu...
M. Ali Amiruddin
M. Ali Amiruddin Mohon Tunggu... Guru - Penulis Biasa

Warga negara biasa yang selalu belajar menjadi pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mengenalkan Sayuran dan Perkembangbiakannya dengan Video Pembelajaran

3 Juli 2021   21:09 Diperbarui: 19 Juli 2021   05:36 155 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenalkan Sayuran dan Perkembangbiakannya dengan Video Pembelajaran
Belajar membuat video pembelajaran (Dokumen Pribadi)

Ada kesan mendalam ketika kegiatan pembelajaran terpaksa harus menggunakan metode yang tak lazim digunakan. Yakni menggunakan media internet atau dalam jaringan. Karena selama ini pembelajaran di sekolah-sekolah menggunakan sistem kelas yang lebih banyak memaksimalkan sebuah ruang kelas dalam proses pembelajaran. 

Meskipun kelas di sini bukan hanya gedung kelas atau sebuah ruangan, akan tetapi pada prinsipnya hampir semua proses pembelajaran dilakukan di dalam ruangan. Untuk pembelajaran di luar ruangan prosentasenya lebih sedikit dibandingkan di dalam kelas. Hal ini disadari lantaran sistem pembelajaran selama ini memang menggunakan sistem pembelajaran klasikal

Menurut KBBI arti klasikal didefinisikan secara bersama-sama di kelas. Berdasarkan pengertian tersebut maka model pembelajaran klasikal adalah suatu model pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa yang secara bersama-sama melakukan kegiatan diskusi (tanya jawab) dalam kelompok besar yaitu semua siswa yang ada dalam kelas. (sumber)

Sedangkan saat ini, di dalam situasi yang amat terbatas, proses pembelajaran tersebut tidak lagi dilakukan secara konvensional yakni dengan klasikal, akan tetapi sudah berubah dengan menggunakan perangkat elektronik dan internet, sedangankan tatap muka dilakukan dengan jarak jauh. Tujuannya agar proses pembelajaran tetap berlangsung meskipun dalam situasi yang sangat terbatas, demi mencegah meluasnya pandemi covid-19. Dan selama ini, para guru dan siswa diharapkan dapat menggunakan media internet secara maksimal dalam proses pembelajaran mereka.

Meskipun ada pula yang secara parsial menggunakan media daring atau internet, atau dengan bertatap langsung terbatas yang dibatasi beberapa siswa serta situasi dan perangkat pembelajaran yang diubah sesuai kebutuhan, ternyata ada pula yang harus melakukan kombinasi, baik secara daring maupun dengan tatap muka terbatas. 

Meskipun tatap muka terbatas tetap bisa dilakukan, kendala hambatan pembelajaran daring selama ini masih bisa dikurangi dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah siswa (home visit), yang tentu saja mengurangi hambatan yang boleh jadi dialami oleh siswa maupun gurunya. Bahkan dalam beberapa kesempatan home visit tersebut bisa menjadi wahana bertukar pikiran dengan orang tua siswa bagaimana proses pembelajaran bisa diupayakan semaksimal mungkin dan semakin meningkatkan efektivitasnya.

Apalagi yang bisa dipahami adalah bahwa Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ yang saat ini disebut juga dengan pembelajaran DARING, adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik. Media elektronik tersebut misalnya komputer, televisi dengan acara yang mengedukasi yang disiapkan oleh Kemendikbud, gawai dan media lain yang bisa memperlancar proses transformasi pembelajaran yang terbatas itu dengan bantuan internet.

Aneka aplikasi yang dimanfaatkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang terbatas itu diharapkan dapat memberikan efek positif bagi peningkatan hasil belajar siswa. Dengan kata lain, meskipun dalam kondisi sangat terbatas, diharapkan proses pembelajaran dapat dimaksimalkan hasilnya, khususnya pencapaian nilai belajar siswa pada setiap materi pembelajaran.

Efektifkah Mengenalkan Sayuran dan Perkembangbiakannya dengan video pembelajaran Secara Daring?

Pertanyaan ini tentu saja akan menjadi pertanyaan penting ketika menggunakan sebuah media. Ketika media daring adalah menjadi alternatif pembelajaran siswa, tentu harapannya bisa semaksimal mungkin menjadi media yang paling tepat dan mudah dalam pembelajaran, selain mendampingi siswa dengan media lain seperti gambar-gambar, bimbingan orang tua di rumah dengan mengenalkan langsung aneka sayuran dan perkembangbiakannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN