Mohon tunggu...
M. Ali Amiruddin
M. Ali Amiruddin Mohon Tunggu... Guru - Guru SLB Negeri Metro, Ingin berbagi cerita setiap hari, terus berkarya dan bekerja, karena itu adalah ibadah.

Warga negara biasa yang selalu belajar menjadi pembelajar. Guru Penggerak Angkatan 8 Kota Metro. Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Kurang Tepat Jika Centang Biru Itu "Pasti Bagus"

7 Juli 2020   18:17 Diperbarui: 7 Juli 2020   19:58 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini lahir tersebab tulisan sahabat saya di Kompasiana yang sedikit banyak menimbulkan polemik atas centang mencentang di blog bersama ini. Blog bersama yang sejatinya lahir atas inisiatif para penulis yang ingin mengumpulkan karya-karya penulis dari seluruh penjuru negeri. Baik mereka kalangan pejabat atau kalangan wong tani misalnya. Semua mendapatkan tempat yang istimewa dari pengelola blog ini.

Namun demikian, sebagai seorang kompasianer saya ingin memberikan sedikit klarifikasi - meskipun saya bukan salah satu admin - namun karena kebetulan telah diverifikasi biru. 

Terus terang dengan tulisan tersebut dan segenap ungkapan kekecewaan membuat saya merasa berdosa dan bersalah atas apa yang terjadi pada akun saya. Yang pasti karena akun saya telah centang biru, otomatis tulisan-tulisan saya pun bisa masuk kategori tidak bagus, atau justru sama sekali tidak layak untuk dijadikan pilihan.

Padahal semua tulisan yang di-share atau di publish hakekatnya merupakan catatan harian atau sekedar uneg-uneg yang kebetulan harus ditelurkan di blog bersama ini. Saya kurang begitu peduli, apakah akan diberi nilai baik dan jadi pilihan, atau justru sama sekali tidak diberi ruang untuk tayang di depan.

Saya merasa apa yang telah saya tulis sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Dan boleh jadi penulis lain yang bergabung di blog bersama ini pun sudah mengerahkan segenap kemampuan dalam menulis, entah berkaitan dengan data-data yang memang seharusnya dipercaya.

Meskipun pada hakekatnya, menjadi penulis di Kompasiana atau di blog pribadi, merupakan upaya untuk berekspresi dan memberikan gagasan -jika berkenan - karena yang terpenting ada dan bisa bersosialisasi dengan penulis lain yang boleh jadi memiliki hobi yang sama, suka menulis.

Apakah dengan akun yang centang biru mesti bagus dan harus di highlight atau pilihan?

Belum tentu. Karena penilaian admin tidak sesimpel itu dalam menilai tulisan layak dianggap sebagai karya istimewa, karena sejak tahun 2011 tulisan saya pun banyak yang tidak mendapatkan kriteria pilihan. Meskipun banyak sih yang memang highlight. 

Bahkan sebelum mendapatkan centang biru, bertahun-tahun penulis kampung ini setiap hari menelurkan tulisan meskipun sepeserpun tidak mendapatkan hasil (K-Reward) dari Kompasiana. Yang pada akhirnya kalau tidak keliru di tahun 2017 tulisan saya baru mendapatkan apresiasi dan diberikan bonus oleh admin. Meskipun K-Rewardnya amat kecil sekitar delapan puluh ribu rupiah saja.

Tapi alhamdulillah, meskipun dengan penghasilan tersebut hanya bisa untuk membeli pulsa atau kuota selama seminggu, saya sudah alhamdulillah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun