Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Tiongkok Sedang Mengejar untuk Membangun Mesin Lithografi Sendiri

3 November 2021   09:12 Diperbarui: 3 November 2021   09:21 974 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber: Sunday-optics.en.alibaba.com

Dalam beberapa hari terakhir (28 Oktober), Institut Optik dan Mekanika Changchun, Mikroelektronik Shanghai, dan Universitas Tsinghua (Changchun Institute of Optics and Mechanics, Shanghai Microelectronics, and Tsinghua University) melaporkan kabar tentang kemajuan mesin litografi (lithografi). Komponen inti litografi domestik Tiongkok telah mencapai terobosan besar, dan Tiongkok selangkah lebih dekat menuju untuk membangun sendiri mesin litografi.

Masih ingat CEO ASML di Belanda pernah meremehkan Tiongkok dengan mengatakan: "Bahkan jika Tiongkok diberi gambar, Tiongkok tidak akan dapat membuat mesin litografi EUV." Bahkan CEO dan pendiri TSMC Zhang Zhongmou (Morris Chang) Taiwan juga secara terbuka mengatakan mengembangkan sendiri mesin litografi bagi Tiongkok akan sulit. Dia percaya bahwa Tiongkok sulit untuk mematahkan monopoli peralatan ini, dan Tiongkok tidak mungkin untuk membangun rantai industri semikonduktor yang lengkap. Baca:

Bisakah TSMC dan Samsung Terhindar Dari Perangkap "National Defense Production"AS

Tindakan Tiongkok Menanggulangi Serangan AS Dalam Embargo Chip

Tampaknya ucapan yang merendahkan ini tergores di hati orang-orang Tiongkok seperti pisau, memang pada saat itu, Tiongkok masih rendah teknologinya dan tidak dapat menyanggahnya. Namun tekad orang-orang Tiongkok untuk bangkit dalam kesulitan memang tidak bisa diremehkan, seperti apa yang dikatakan pendiri BYD Wang Chuanfu, bahkan peralatan paling canggih pun buatan manusia, bukan buatan dewa. (Wang Chuanfu salah satu orang terkaya di Tiongkok. BYD perusahaan mobil listrik/EV, Mobil, Bus, Sepeda Listrik, Truk, Forklift, Panel Surya, Baterai isi ulang).

Institusi teknologi seperti Chinese Academy of Sciences dan perusahaan teknologi seperti Shanghai Microelectronics tidak memperlambat penelitian dan pengembangan mesin litografi Tiongkok karena peremehan dunia luar, sehingga seolah memberikan tamparan kepada ASML.

Sistem sumber cahaya, sistem lensa objektif, proyek EDA (Exploratory Data Analysis), dan sistem dua tahap adalah empat komponen inti dari mesin litografi.

Analisis Data Eksplorasi, atau EDA, adalah langkah penting dalam setiap proyek Analisis Data atau Ilmu Data adalah proses menyelidiki dataset untuk menemukan pola, dan anomali (outlier), dan membentuk hipotesis berdasarkan pemahaman kita tentang dataset.

Sebelumnya, Tiongkok telah membuat terobosan dalam sistem dua tahap dan sistem sumber cahaya. Sistem perangkat lunak rekayasa EDA yang menentukan pengembangan teknis awal chip logika juga telah diterobos oleh Chip dan Semikonduktor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan