Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Kapal Serbu Amfibi Tipe 076 yang Dikembangkan Tiongkok

14 Agustus 2021   18:14 Diperbarui: 14 Agustus 2021   18:27 420 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapal Serbu Amfibi Tipe 076 yang Dikembangkan Tiongkok
Sumber: globaldefensecorp.com

Menurut berita terkait, Tiongkok akan melengkapi AL-PLA kapal serbu amfibi terbaru. Kapal serbu amfibi juga dikenal sebagai kapal induk ringan. Itu juga dapat digunakan dengan drone siluman. Pada saat itu, kekuatan dukungan udara Tiongkok akan jauh melebihi AS.

Bahkan dalam beberapa hal, sebanding dengan keberadaan kapal induk, yaitu kapal serbu amfibi Type 076 yang baru dikembangkan Tiongkok.

Jadi seberapa hebatkah kapal serbu amfibi 076 ini? Bisakah itu menjadi kapal induk mini versi Tiongkok? Banyak pengamat dan pemerhati alutsista tahu bahwa untuk waktu yang lama di masa lalu, tingkat industri militer Tiongkok masih terbelakang dari negara lain, tetapi situasi ini telah mulai berubah dalam beberapa tahun terakhir Apakah itu teknologi pembuatan kapal atau pembuatan pesawat terbang, Tiongkok dapat dengan cepat menguasai teknologi inti dan berkembang pesat.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri militer maritim Tiongkok telah membuat prestasi besar, dan berbagai kapal telah berfungsi satu per satu dan telah masuk dalam pelayanan sebagai alutsista dalam angkatan bersenjatanya---PLA.

Sumber: militarywatchmagazine.com
Sumber: militarywatchmagazine.com
Di antara alutsista itu, kapal serbu amfibi Tipe 075 adalah yang sangat sukses, dan kapal serbu amfibi jenis ini telah mendapat perhatian dunia luar sejak lama sejak penelitian dan pengembangannya, tapi setelah sukses dalam masa pelayanannya masih menghadapi beberapa masalah setelahnya.

Banyak media dan pemerhati alutsista mengatakan bahwa keberhasilan layanan kapal serbu amfibi Tipe 075 telah sangat meningkatkan kemampuan tempur AL-PLA, tetapi efektivitas tempur sepertinya jauh dari memuaskan.

Atas dasar ini, penelitian dan pengembangan terhadap generasi baru kapal serbu amfibi Tipe 076 menjadi sangat penting bagi Tiongkok.

Sejak berita pengembangan kapal serbu amfibi Type 076 Tiongkok keluar, telah mendapat perhatian luas dari dunia. Dapat dipahami bahwa kapal serbu amfibi Tipe 076 yang baru dikembangkan ini dapat digunakan tidak hanya sebagai kapal angkut tetapi juga sebagai kapal induk ringan.

Hal ini menunjukkan betapa kuatnya kapal serbu amfibi Type 076 ini. Walaupun kapal serbu amfibi Type 076 milik Tiongkok ini masih dalam tahap pengerjaan, namun kita dapat melihat dari informasi di situs resminya bahwa sangat berbeda dengan kapal serbu amfibi sebelumnya. Yang dapat digunakan sebagai kapal induk ringan, dan juga dilengkapi dengan Electromagnetic Aircraft Launch System (EMALS) atau Sistem Peluncuran Pesawat Elektromagnetik dan arrester elektromagnetik paling canggih.

Keuntungan utama dari EMALS adalah mempercepat peluncuran pesawat dan lebih lancar, mengurangi tekanan pada badan pesawat, dibandingkan dengan pelontar sistem ketapel uap. EMALS juga lebih ringan, diharapkan lebih murah dan membutuhkan lebih sedikit perawatan, dan dapat meluncurkan pesawat yang lebih berat dan yang lebih ringan daripada sistem yang digerakkan oleh piston uap. Ini juga mengurangi kebutuhan operator akan air tawar, sehingga mengurangi kebutuhan energi yang intensif.

EMALS berbasis darat Tiongkok telah dilakukan banyak uji coba dan sangat berhasil, sehingga kini EMALS Tiongkok relatif matang. Namun, Tiongkok tampaknya masih belum puas hanya menggunakan EMALS pada kapal induk, sehingga akan menyebarkan teknologi ini ke kapal amfibi Type 076.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan