Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Gugus Tempur Kapal Induk AS Nyaris Bentrok dengan Tiongkok Awal April di Laut Tiongkok Selatan

14 April 2021   18:02 Diperbarui: 14 April 2021   18:10 1798 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gugus Tempur Kapal Induk AS Nyaris Bentrok dengan Tiongkok Awal April di Laut Tiongkok Selatan
Sumber: marinevesseltraffic.com

Pada 5 April 2021, "Strait Time" Singapura ada melaporkan  pada malam itu Gugus kapal induk serbu AS USS Theodore Roosevelt menerobos ke Laut Tiongkok Selatan (LTS) secara mencolok dan, meskipun telah diperingatkan, strikernya mendekati perairan Nansha yang dikendalikan Tiongkok pada dini hari 5 April 2021. 

Provokasi militer yang tidak bersahabat segera ditanggapi oleh senjata rudal strategis "Four in One" dari teater selatan PLA Tiongkok tanpa ragu-ragu. Maka gugus kapal induk USS Theodore Roosevelt pergi dengan tergesa-gesa.

Media Singapura mengatakan bahwa sinyal AIS (Automatic Indentificaation System) menunjukkan bahwa gugus penyerang kapal induk USS "Roosevelt" memasuki LTS melalui Selat Malaka pada pukul 8 pagi waktu Beijing. 

Gugus penyerang kapal induk ini termasuk kapal induk "Roosevelt" Kapal perusak USS "Russell", kapal penjelajah "USS Bunker Hill", dan strikernya "USS Russell" dan beberapa pesawat berbasis kapal induk F-35B langsung mendekati perairan Nansha yang dikendalikan oleh Tiongkok pada jam-jam awal tanggal 5 April. 

Kapal induk AS menerbangkan pesawat peperangan elektronik Prowler EA6B, pesawat itu bahkan mendekati wilayah udara pulau dan terumbu karang yang dikuasai Tiongkok. Provokasi AS menyebabkan tindakan balasan yang keras dari tentara Tiongkok.

(Sistem identifikasi otomatis/AIS) adalah sistem pelacakan otomatis yang menggunakan transceiver di kapal dan digunakan oleh layanan lalu lintas kapal (VTS). 

Ketika satelit digunakan untuk mendeteksi tanda tangan AIS, istilah Satellite-AIS (S-AIS) digunakan. Informasi AIS melengkapi radar laut, yang terus menjadi metode utama penghindaran tabrakan untuk transportasi air.)

Sumber: Ilustrasi dari chellaney.net + Business Insider
Sumber: Ilustrasi dari chellaney.net + Business Insider
Provokasi AS telah menyebabkan tindakan balasan yang kuat dari tentara Tiongkok. Pada pagi hari 5 April waktu setempat Beijing, situs web resmi AL AS mengakui bahwa ketika gugs kelompok penyerang Roosevelt memasuki perairan yang dikuasai oleh Tiongkok, mereka tidak mengikuti praktik internasional untuk membuat pemberitahuan sebelumnya, sehingga dibalas dengan daya tembak yang kuat dari PLA.

Kapal Induk canggih USS Roosevelt bahkan dikunci oleh tembakan artileri PLA dan radar elektronik ketika mendekati perairan teritorial Tiongkok melalui wilayah udara di atas pulau dan terumbu karang. Untuk memastikan keselamatan, pusat komando kapal induk AS memerintahkan kapal dan pesawat terkait untuk segera melepaskan diri dari kontak. Selain itu, pihak Tiongkok diberi tahu bahwa kelompok penyerang Roosevelt hanya melewati perairan yang relevan dengan damai.

Ini adalah ketiga kalinya "Roosevelt" dimasukkan dalam aktivitas LTS pada tahun 2021. Dua kali pertama berada jauh dari LTS yang dikuasai Tiongkok, dan kali ini langsung mendekati Kepulauan Nansha yang dikuasai Tiongkok.

Berita yang dipublikasikan oleh media militer "Alert 5" di akun Twitter resminya pada malam tanggal 5 April juga membuktikan berita di atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN