Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Perkembangan Trio Pesawat Besar Buatan Tiongkok

5 Agustus 2018   10:54 Diperbarui: 5 Agustus 2018   11:11 403 1 0
Perkembangan Trio Pesawat Besar Buatan Tiongkok
Sumber: Military-Today.com

Sumber: Military-Today.com

Yang disebut pesawat besar biasanya mengacu pada pesawat yang bisa terbang dengan take-off lebih dari 100 ton, termasuk pesawat angkut militer atau sipil. Untuk pesawat penumpang sipil mengacu pada pesawat yang bisa mengakut lebih dari 150 penumpang.

Pesawat buatan Tiongkok Y-20, AG-600 dan C919 disebut Trio Pesawat besar buatan Tiongkok tulen secara mandiri.

Y-20

Pesawat angkut militer berat pertama yang dikembangkan secara besar-besaran di Tiongkok, Y-20, dibangun oleh Xi'an Aircraft Industry (Group), bagian dari Aviation Industry Corporation of China (AVIC), untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF). Pesawat ini juga merupakan airlifter strategis domestik terbesar yang pernah dibuat di Tiongkok.

Pesawat dapat dikerahkan untuk transportasi personil dan alat berat selama serangan militer, dan bantuan kemanusiaan dan misi pemeliharaan perdamaian. Ini juga dapat dikonfigurasi untuk peringatan dini dan kontrol udara (AEW & C), peperangan anti-kapal selam (ASW) dan misi pengisian bahan bakar udara.

Dua perusahaan penerbangan utama Tiongkok, Shaanxi Aircraft Corporation dan Xi'an Aircraft Corporation, yang mengembangkan pesawat Y-20, tetapi Xi'an diumumkan sebagai produsen Y-20 pada 2007.

Prototipe Y-20 pertama berhasil melakukan penerbangan perdana di  di Shaanxi Yanliang Aviation Base pada Januari 2013.

Prototipe kedua mengudara pada bulan Desember 2013. Pesawat itu dipamerkan di China International Aviation & Aerospace Exhibition 2014 (China Airshow) yang diadakan di Zhuhai.

Pesawat pertama memasuki layanan pada Juli 2016, sementara PLAAF membutuhkan 400 pesawat angkut Y-20.

Perkembangan Proyek Y-20

Proyek Y-20 adalah bagian dari inisiatif Tiongkok untuk membangun pesawat transportasi besar di bawah Program Pengembangan Sains dan Teknologi Nasional Jangka Menengah dan Panjang 2006-2020 (MLP).

Dua perusahaan penerbangan utama Tiongkok, Shaanxi Aircraft Corporation dan Xi'an Aircraft Corporation, yang mengembangkan pesawat Y-20, tetapi Xi'an diumumkan sebagai produsen Y-20 pada 2007.

Desain dan fitur dari airlifter berat Y-20

Fitur pesawat berbadan dalam dan lebar untuk bagian kargo dan konfigurasi T-tail empennage dengan permukaan horizontal yang dipasang tinggi pada penstabil vertikal. Fuselage tengah bergantung dengan sayap-sayap monoplane yang digerakkan dengan sweptback moderate dan memadukan flaps trailing triple-slotted. Sepasang mesin nacelle dipasang di bawah sayap masing-masing.

Y-20 menggunakan glass cockpit, yang mengakomodasi 3 awak. Untuk fitur perakitan pemuatan kargo belakang memungkinkan pemuatan / pembongkaran kargo berukuran besar dan peralatan.

Pesawat ini panjang 44m hingga 47m dan tinggi 18m, dan lebar sayap 50m. Berat take-off maksimum pesawat adalah sekitar 220 ton dan kapasitas muatan muatan maksimum adalah 66 ton.

Mesin Pesawat & Kinerja

Sumber: www.popsci.com.au
Sumber: www.popsci.com.au

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5