Mohon tunggu...
Ronny Mailindra
Ronny Mailindra Mohon Tunggu... Insinyur - Penulis

Penulis thriller, fantasi, dan silat. Bekerja sebagai programmer Blog: http://mailindra.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Maraton Menulis

26 Januari 2018   15:56 Diperbarui: 26 Januari 2018   16:02 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Writer Block itu nyata. Kalau sudah terserang tak satu kalimat pun bisa kau tulis.

Jujur, setelah menerbitkan novel Spammer (review bisa dilihat di sini: https://www.goodreads.com/book/show/31343223-spammer ), aku tak bisa menghasilkan satu karya pun. Awalnya aku cuma mau istirahat sejenak, eh, ternyata keterusan. Ketika ingin kembali menulis, semuanya macet. Sialnya, karena sulit plusbanyaknya pekerjaan kantor, makin lama keinginan menulis makin redup.

Akhir tahun 2017, teman-temanku di Sarekat Penulis Kuping Hitam mengajak menulis cerpen untuk kami isi di website kami http://www.kupinghitam.com/

Satu orang wajib membuat 1 cerpen 1 tahun. Website akan diisi bergantian setiap bulannya. Aku mengiyakan ajakan itu dan saat giliranku mengisi, aku gagal! 

Gila, 1 cerpen per tahun pun aku tak mampu!

Pakar matematika bilang, ada 2 cara memecahkan masalah. 

Pertama, sederhanakan masalahnya. Dan yang kedua: buat masalahnya jauh lebih rumit. 

Jadi, ketika teman-temanku di klub penulis thriller dan detektif mengajak menulis cerita di Wattpad seminggu sekali, aku nekat menyambut ajakan itu. Ngeri-ngeri sedap sebenarnya karena aku belum punya ide cerita.

Ajaibnya, mungkin karena malu dengan teman-teman, aku bisa memaksakan diri menulis. Ide mulai muncul dan aku mulai  membuka lagi tips-tips menulis. Dan ketika hari Jum'at tiba, aku pun menayangkan cerita pertamaku.

Kini sudah 3 bagian cerita aku posting untuk proyek ini. Kalau kawan-kawan ingin membaca, sila baca di tautan ini: https://www.wattpad.com/story/134243784-metamorfosis-juwita

Salam menulis,

Ronny Mailindra

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun