Mohon tunggu...
Maiden Ayu Hendrawanto
Maiden Ayu Hendrawanto Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta program studi Ilmu Komunikasi mengambil konsentrasi Public Relation

halo teman - teman selamat membaca artikel yang telah saya buat !

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Apa Itu Media Konvergensi

15 April 2021   19:12 Diperbarui: 15 April 2021   19:21 67 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr . wb , salam sejahtera untuk kita semua ...

halo teman - teman perkenalkan nama saya Maiden Ayu Hendrawanto sering dipanggil Maiden saya mahasiswi dari universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta angkatan 2019 , di Universitas tersebut saya mengambil Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi . di Jurusan ilmu komunikasi ini saya mengambil sebuah konsentrasi Public Relation untuk menggapai cita - cita saya d masa depan ...

Disini saya akan menjelaskan atau memberi tahu kepada rekan - rekan semua apa itu yang namanya Media Konvergensi ? kata tersebut sepertinya asing bagi kalian yaaa , maka dari itu saya akan jelaskan di artikel ini ... 

Konvergensi berasal dari bahasa inggris yaitu convergence yang artinya adalah bersatu atau persatuan  , sedangkan media adalah sarana penghubung dalam penyampaian informasi . Media Konvergensi adalah penggabungan atau pengintegrasian media - media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan . konvergensi media merupakan gabungan berbagai media seperti radio , televisi , surat kabar , dan internet menjadi satu untuk diarahkan ke suatu media tunggal.  istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitan kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ( TIK ) . konvergensi muncul di dorong oleh kebutuhan pengguna akan beberapa fungsi teknologi , fungsi - fungsi tersebut awalnya berada pada media yang  berbeda - beda , karena dorongan ini maka di hasilkanlah perpaduan dari beberapa fungsi ini kedalam satu media saja disinilah konvergensi terjadi.

 konvergensi media disebabkan karena perkembangan teknologi komunikasi media digital terutama internet , maka dari itu bila sebuah internet akan terus berkembang tidak menutup kemungkinan bahwa konvergensi media juga akan berkembang karena internet merupakan sebuah media tumbuh dan berkembangnya konvergensi media . hal ini bukan hanya dapat membawa dampak positif tetapi dampak negatif juga terdapat didalamnya karena tergantung darimasing - masing individu bagaimana sikap mereka dalam  menghadapi perkembangan ini . 

konvergensi media biasanya keseluruhan proses produksi , distibusi dan penggunaan layanan media digital masa depan dari produksi konten sehingga penyampaian layanan melalui berbagai saluran seperti terminal seluler , TV digital , atau internet . konvergensi ini bisa dipadukan dengan kata - kata lainnya , misalnya dalam konteks ini adalah media . kini hanya bermodal ponsel atau handphone canggih setiap individu tidak hanya dapat mengobrol secara langsung dengan kolega maupun keluarga melalui telepon , layanan pesan singkat , media sosial dan aplikasi komunikasi contohnya whatsapp , wechat , weibo , instagram dan lain - lain . perkembangan teknologi tidak berhenti sampai disitu saja , malah dari waktu - kewaktu kian pesat . setiap menit teknologi baru muncul dengan kelebihan - kelebihan yang berbeda satu sama lain dan saling melengkapi . 

contoh dari konvergensi media yaitu radio online ( menyatuakan radio dengan internet atau online seperti podcast ) , E-book ( menggabungkan media cetak dengan internet ) , tempo media ( menggabungkan media cetak dengan internet ) dan yang sering kita gunakan saat ini yaitu handphone yang merupakan gabungan dari media cetak , media penyiaran dan media baru menjadi satu perangkat . dari sudut pandang perusahaan konvergensi ini meyatukan perusahaan - perusahaan yang bergerak di bidang informasi , jejaring telekomunikasi , dan penyedia konten ( penerbit buku , surat kabar , majalah stasiun tv , radio , musik , film dan hiburan .  contohnya yaitu CT Corp ( Trans Corp ) yang dimiliki oleh Chairul Tanjung yang terdiri dari Trans Tv , Trans 7 , CNN , detikcom , PT. Indonesia Telemedia , Transvision .  ada juga media grup ( media  televisi  Indonesia ) yang dimilki oleh surya paloh yang terdiri dari metro tv , media indonesia , metro tv news.com , media group . 

Dampak positif dari konvengensi media adalah  kemungkinan terjadinya perluasan cakupan dalam skala kecil maupun skala yang besar , selain itu positifnya media konvergensi yaitu membawa perluasan jaringan hingga perluasan interaksi yang muncul , dan membuat media lama dan media baru saling berinteraksi dan saling berdampingan satu sama lain , memperkaya informasi secara meluas tentang seluruh dunia karena ada akses internet , memberikan banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk dapat memilih informasi yang diinginkan sesuai selera , lebih mudah praktis dan efisien , timbulnya demokrtisasi informasi dimana semua orang bisa mengakses informasi secara bebas dan luas , dalam implikasi ekonomi konvergensi media berpengaruh dalam perusahaan dan  industri teknologi komunikasi karena mengubah perilaku bisnis ,  masyarakat mendapatkan informasi lebih cepat , interaktif masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik terhadap informasi - informasi yang disampaikan oleh media , konvergensi media menyediakan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan , penyediaan , distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi secara visual , audio , data dan sebagainya  dan di bidang pekerjaan jaman sekarang jenis - jenis pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi sangat diminati oleh banyak orang. 

sedangkan dampak negatif konvergensi media bagi publik yaitu perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan teknologi adanya ketergantungan teknologi dimana segala sesuatu menjadi lebih praktis dan otomatis , munculnya masyarakat digital dan msyarakat maya , media cetak / media tradisional / media konvensional menjadi kalah dengan media modern / media baru / media online , kesenjangan sosial yang semakin besar , menurunkan media cetak . 

jadi kesimpulannya adalah , konvergensi media merupakan satuan kesatuan dari beberapa media di ruang publik . membuat munculnya konvergensi media berfikir untuk bertransformasi ke media - media berplatform digital atau media online yang dapat menyingkirkan media lama seperti koran , tabloid , radio dan lain - lain . karena sekarang melihat berita tidak lagi di koran atau media cetak melainkan menggunakan artikel atau website yang yang dilakukan melalui internet untuk dapat menjangakaunya , begitu pula dengan radio secara banyak sekali adanya radio online yang bisa dilihat langsung dengan orang - orang yang mengobrol dalam ruang radio tersebut yang sering disebut deng podcast . menurut saya agar iklim media di indonesia menjadi sehat yaitu dengan menggunakan media konvergensi yang tepat tidak berlebihan atau tidak kecanduang oleh media baru atau media online karena jaringan juga sangat berbahaya bagi tubuh kita apalagi dibagian otak . 

berikut artikel saya tentang konvergensi media semoga bermanfaat bagi kita semua , 

wassalamualaikum wr . wb 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x