Mohon tunggu...
Mahiya
Mahiya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tertarik terhadap pembahasan Kesehatan, Agama, Sejarah, Politik, Filsafat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Masa Depan Pengobatan Tradisional Indonesia

14 Agustus 2022   20:45 Diperbarui: 14 Agustus 2022   21:11 97 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Obat tradisonal sejak jaman dahulu memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan, mempertahankan stamina, dan mengobati penyakit. Karenanya, obat tradisional masih memiliki tempat dalam kehidupan masyarakat hingga saat ini.

Semula, untuk kelangsungan hidupnya manusia menggantungkan semua keperluannya kepada alam sekitarnya, termasuk untuk menjaga kesehatan. Sejalan dengan perkembangan kehidupan manusia, pengetahuan tentang penyakit dan pengalaman tentang mengatasinya semakin berkembang. 

Pengetahuan tentang pengobatan penyakit, semakin lama semakin beragam, sesuai budaya, kemampuan bangsa, rona lingkungan, serta ragam flora dan fauna yang ada.

Manusia secara naluri mempunyai kecenderungan menggunakan alam sebagai sarana untuk mencukupkan kebutuhannya. Selanjutnya, dengan budidaya dan ilmu, bahan tersebut dikembangkan. Demikian juga pengetahuan tentang pengobatan penyakit, beberapa bangsa masih mengembangkan dan merekamnya sampai saat ini. 

Pada umumnya ilmu pengobatan tersebut berasal dari bangsa yang memiliki  budaya tinggi serta memiliki flora dan fauna berlimpah.

Dalam kepustakaan tercatat beberapa negara yang memiliki flora dan fauna yang melimpah, antara lain Tiongkok, India, dan Indonesia. 

Sementara itu, jumlah tanaman yang diperkiran mempunyai kegunaan untuk mengobati penyakit, di Tiongkok ada sekitar 5.800 jenis, di India  sekitar 2.500 jenis, di Indonesia tercatat sekitar 1.500 jenis, dan di Afrika sekitar 300 jenis. 

Kenyataannya, jumlah tanaman yang dapat digunakan sebagai obat alamiah jauh lebih besar dari jumlah yang tercatat dalam pustaka yang ada. 

Udara segar, makanan sehat, olahraga, olah napas, dan semadi yang teratur juga merupakan pengobatan alamiah yang perlu diperhatikan. Teori pengobatan tradisional yang masih terekam sampai saat ini, antara lain pengobatan Yunani, India, Tiongkok, dan Indonesia.

Bumi Indonesia, dikenal sebagai bumi yang gemah ripah loh jinawi. Banyak tanaman obat yang hidup liar yang belum dijamah oleh tangan manusia. 

Maka dari itu masyarakat dan pemerintah Indonesia harus memaksimalkan potensi alam yang telah diberikan demi mewujudkan kesejahteraan bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan