Mohon tunggu...
Mahbub Setiawan
Mahbub Setiawan Mohon Tunggu... Mencoba untuk terus menjadi walau tidak mudah

1/2 kemanusiaan, 1/2 ketidaktahuan

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Mengingat Kembali Jenis Karangan, Tulisan Anda Termasuk Jenis Apa?

25 Januari 2018   15:37 Diperbarui: 25 Januari 2018   16:08 2190 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengingat Kembali Jenis Karangan, Tulisan Anda Termasuk Jenis Apa?
Ilustrasi (Sumber: themountainhoppers.com)

Kompasiana adalah situs dengan platform berbasis blog. Semua orang boleh menulis dan mengekspresikan pemikiran dan perasaannya. Pemikiran dan perasaan yang ada kaitannya dengan peristiwa aktual, atau sekedar ungkapan dari pengalaman pribadi.

Secara orang Indonesia, coretan dan tulisan tersebut tentu saja menjadi salah satu bentuk dari karangan yang berbahasa Indonesia. Karangan yang akan menjadi salah satu indikasi dari perkembangan dan pertumbuhan budaya literasi masyarakat.

Di dalam teori dasar menulis non fiksi, ada beberapa jenis karangan. Ada jenis karangan narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi dan persuasi. Semua itu merupakan jenis-jenis karangan apabila dilihat dari maksud dan tujuan isi tulisan. Tetapi jenis-jenis itu berbeda dengan tulisan yang sifatnya tulisan fiksi.

Narasi

Jenis karangan ini biasanya berupa karangan yang berusaha menguraikan peristiwa atau kejadian. Misalnya saja menguraikan mengenai peristiwa jalan-jalan ke gunung Dieng atau tempat wisata lainnya. Isinya bertujuan untuk menginformasikan rangkaian kegiatan yang dilakukan di tempat-tempat wisata tersebut.

Contoh lain misalnya narasi tentang peristiwa sejarah pada masa lalu. Peristiwa kejadian peperangan di suatu daerah, peristiwa bencana alam, peristiwa selamatan di tengah-tengah masyarakat atau peristiwa lainnya. Secara kronologis, penulis menguraikan peristiwa-peristiwa tadi supaya pembaca benar-benar mengetahui alurnya seperti yang sebenarnya.

Sifat tulisannya ringan dan sering menarik minat untuk ikut merasakan sensasi yang dirasakan oleh penulisnya. Narasi merupakan jenis tulisan yang bisa diibaratkan seperti kita sedang bercerita pengalaman sendiri kepada teman di warung pojok sambil menyeruput kopi.

Narasi menjadi dasar dalam praktik melatih kita untuk mengungkapkan segala yang kita ketahui melalui tulisan. Zaman dahulu sering ada acara-acara radio yang berbentuk dongeng, di mana pendongengnya memaparkan setiap rangkaian peristiwa secara detail. Seperti itulah mungkin gambaran dari karangan yang berjenis narasi.

Deskripsi

Lain halnya dengan narasi, deskripsi adalah jenis karangan yang berisi tentang penggambaran dari objek atau peristiwa yang dijadikan sebagai bahan tulisan. Tujuan dari deskripsi adalah untuk memberikan pengetahuan yang lebih detail mengenai sesuatu hal. Ia bisa berbentuk objek benda atau objek peristiwa.

Misalnya, ada tulisan yang memaparkan tentang jenis-jenis HP atau laptop. Tentunya penulisnya akan menyebutkan secara detail mulai dari spesifikasi sampai desain yang digunakan. Segala aspek yang menurutnya penting untuk diketahui akan disampaikan dan ditulis olehnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x