Mohon tunggu...
Mahawikan Akmal
Mahawikan Akmal Mohon Tunggu... Pelajar MIPA SMA Labschool Jakarta

Pelajar (masih belajar dan akan terus belajar). Mengamati dan menganalisis isu-isu dan fenomena kesehatan dan kesehatan masyarakat, khususnya pandemi COVID-19.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Teknik Pemeliharaan dan Pemberian Pakan Tiram Mutiara

10 November 2020   12:55 Diperbarui: 10 November 2020   18:23 508 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknik Pemeliharaan dan Pemberian Pakan Tiram Mutiara
(g.2.1 contoh cangkang tiram mutiara (pinctada maxima) | dokpri

Karya laporan penelitian ini menjadi laporan penelitian terbaik Angkatan 2021 SMA Labschool Jakarta.

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

  • Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat indah. Pulau yang dikenal juga pulau seribu masjid ini, dikelilingi oleh pantai-pantai yang sejuk nan permai. Seiring dengan banyaknya tempat pariwisata, Lombok juga memiliki daya tarik lainnya. Daya tarik tersebut merupakan hasil bumi Pulau Lombok ini, yaitu Mutiara.
  • Mutiara diproduksi oleh tiram mutiara (Pinctada Maxima). Dalam kondisi hidup, tiram mutiara (Pinctada Maxima) dapat dijual dalam bentuk spat atau induk, dan dalam bentuk butiran mutiara memiliki nilai jual yang tinggi. Di samping itu, cangkang tiram mutiara ini dapat dijadikan sebagai bahan kosmetik dan berbagai barang kerajinan tangan.
  • Mutiara merupakan salah satu komoditas utama dalam dunia perhiasan. Untuk menghasilkan sebuah mutiara, dibutuhkan proses yang panjang dan rumit. Sebuah mutiara alami terbentuk tanpa intervensi manusia sama sekali, hal ini terjadi di alam liar, dan sangat jarang terjadi. Kira-kira ratusan tiram mutiara harus dikumpulkan dan dibuka, dan dengan demikian dibunuh, hanya untuk menemukan satu mutiara liar, dan selama berabad-abad itulah satu-satunya cara untuk memperoleh mutiara. Ini adalah alasan utama mengapa mutiara termasuk komoditas yang sangat berharga pada masa lalu. Mutiara budidaya, di sisi lain, merupakan salah satu jenis mutiara yang dibentuk dengan melibatkan manusia, di sebuah peternakan mutiara.
  • Dalam proses membudidayakan tiram mutiara, tentunya diperlukan teknik yang tepat untuk mendapatkan tiram yang produktif. Teknik ini belum banyak tersebar di masyarakat. Padahal teknik ini sangat penting dalam pembudidayaan tiram mutiara. Dalam karya tulis ini, kami akan membahas tentang teknik yang diterapkan dalam pemeliharaan dan pemberian pakan tiram mutiara.

Identifikasi Masalah

Dari latar belakang yang telah ditulis, kami memberikan identifikasi masalah yang akan dijadikan bahan penelitian sebagai berikut:

  • Teknik pemeliharaan tiram mutiara yang sedikit diketahui khalayak umum.
  • Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemeliharaan tiram mutiara.
  • Teknik pemberian pakan tiram mutiara yang belum banyak diketahui publik.
  • Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pemberian pakan tiram mutiara.

Pembatasan Masalah

Pembatasan suatu masalah digunakan untuk menghindari adanya penyimpangan maupun pelebaran pokok masalah agar penelitian tersebut lebih terarah dan memudahkan dalam pembahasan sehingga tujuan penelitian akan tercapai. Beberapa batasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Tiram mutiara yang dibahas adalah spesies Pinctada maxima

2. Teknik pemeliharaan tidak termasuk teknik pengembangbiakan tiram mutiara

Perumusan Masalah

  • Berdasarkan apa yang sudah kami uraikan pada latar belakang di atas, muncul banyak pertanyaan yang sehubungan dengan permasalahan yang akan kami bahas, diantaranya adalah:
  • Bagaimana teknik pemeliharaan tiram mutiara?
  • Apa faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pemeliharaan mutiara?
  • Bagaimana teknik pemberian pakan pada tiram mutiara?
  • Apa faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pemberian pakan tiram mutiara?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN