Mohon tunggu...
Viona AyuMahardani
Viona AyuMahardani Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - -

-

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Pernahkah Kamu Melakukan Kegiatan Berkebun?

8 Juli 2022   11:19 Diperbarui: 8 Juli 2022   11:21 75 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pernahkah Kamu Melakukan Kegiatan Berkebun?

Pertanian ataupun pertanian merupakan aplikasi membudidayakan tumbuhan serta ternak.[Pertanian merupakan pertumbuhan kunci dalam kebangkitan peradaban manusia yang tidak banyak bergerak, di mana pertanian spesies peliharaan menghasilkan surplus santapan yang membolehkan orang buat tinggal di kota. Sejarah pertanian diawali ribuan tahun yang kemudian. Sehabis mengumpulkan biji- bijian liar yang diawali paling tidak 105. 000 tahun yang kemudian, para petani yang baru lahir mulai menanamnya dekat 11. 500 tahun yang kemudian. Babi, domba, serta sapi didomestikasi lebih dari 10. 000 tahun yang kemudian. Tumbuhan dibudidayakan secara mandiri di paling tidak 11 daerah di dunia. Pertanian industri bersumber pada monokultur skala besar di abad kedua puluh mendominasi hasil pertanian, walaupun dekat 2 miliyar orang masih tergantung pada pertanian subsisten.

Produk pertanian utama bisa secara luas dikelompokkan jadi santapan, serat, bahan bakar, serta bahan mentah( semacam karet). Kelas santapan tercantum sereal( biji- bijian), sayur- mayur, buah- buahan, minyak, daging, susu, telur, serta jamur. Lebih dari sepertiga pekerja dunia bekerja di pertanian, kedua sehabis zona jasa, walaupun dalam sebagian dekade terakhir, tren global penyusutan jumlah pekerja pertanian terus bersinambung, paling utama di negara- negara tumbuh, di mana pertanian kecil diambil alih oleh pertanian industri. serta mekanisasi yang bawa kenaikan hasil panen yang sangat besar.

Agronomi modern, pemuliaan tumbuhan, bahan kimia pertanian semacam pestisida serta pupuk, serta pertumbuhan teknologi sudah tingkatkan hasil panen secara tajam, namun menimbulkan kehancuran ekologi serta area. Pemuliaan selektif serta aplikasi modern dalam peternakan pula tingkatkan hasil daging namun sudah memunculkan kekhawatiran tentang kesejahteraan hewan serta kehancuran area. Permasalahan area tercantum donasi terhadap pemanasan global, penipisan akuifer, penggundulan hutan, resistensi antibiotik, serta polusi pertanian yang lain. Pertanian ialah pemicu sekalian sensitif terhadap degradasi area, semacam hilangnya keanekaragaman biologi, penggurunan, degradasi tanah, serta pemanasan global, yang seluruhnya bisa menimbulkan penyusutan hasil panen. Organisme yang dimodifikasi secara genetik banyak digunakan, walaupun sebagian dilarang di negara- negara tertentu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan