Mohon tunggu...
Viona AyuMahardani
Viona AyuMahardani Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - -

-

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Apakah Kamu Menyukai Permainan Bola Basket?

5 Juli 2022   08:25 Diperbarui: 5 Juli 2022   08:28 209 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi : pinterset/auf kristy

Apakah Kamu Menyukai Permainan Bola Basket?

Bola basket merupakan berolahraga regu di mana 2 regu, umumnya terdiri dari 5 pemain tiap- tiap, silih berhadapan di lapangan persegi panjang, bersaing dengan tujuan utama menembak bola basket( berdiameter dekat 24 centimeter) lewat ring bek( suatu keranjang berdiameter 18 inci( 46 centimeter) dipasang setinggi 10 kaki( 3, 048 meter) ke papan di tiap ujung lapangan, sembari menghindari regu lawan menembak lewat ring mereka sendiri. Suatu field goal bernilai 2 poin, kecuali terbuat dari balik garis 3 angka, kala bernilai 3. 

Sehabis pelanggaran, game dengan waktu yang didetetapkan menyudahi serta pemain yang dilanggar ataupun ditunjuk buat melaksanakan technical foul diberikan satu, 2 ataupun 3 lemparan leluasa satu poin. poin di akhir game menang, namun bila game regulasi berakhir dengan skor imbang, periode game bonus( perpanjangan waktu) diamanatkan.

Pemain memajukan bola dengan memantulkannya sembari berjalan ataupun berlari( dribbling) ataupun dengan mengopernya ke rekan satu regu, yang keduanya memerlukan keahlian yang lumayan besar. Dikala melanda, pemain bisa memakai bermacam pukulan-- layup, jump shot, ataupun dunk; pada pertahanan, mereka bisa mencuri bola dari seseorang dribbler, mencegat operan, ataupun memblok tembakan; baik pelanggaran ataupun pertahanan bisa mengumpulkan rebound, ialah tembakan yang meleset yang memantul dari rim ataupun backboard. Merupakan pelanggaran buat mengangkut ataupun menyeret kaki pivot seorang tanpa menggiring bola, membawanya, ataupun menahan bola dengan kedua tangan setelah itu melanjutkan menggiring bola.

5 pemain di tiap sisi jatuh ke dalam 5 posisi bermain. Pemain paling tinggi umumnya center, yang paling tinggi kedua serta terkuat merupakan power forward, pemain yang sedikit lebih pendek namun lebih lincah merupakan small forward, serta pemain terpendek ataupun penangan bola terbaik merupakan shooting guard serta point guard, yang mengimplementasikan rencana game pelatih dengan mengendalikan penerapan game ofensif serta defensif( posisi pemain). Secara informal, pemain bisa bermain 3 lawan 3, 2 lawan 2, serta satu lawan satu.

Diciptakan pada tahun 1891 oleh guru berolahraga Kanada- Amerika James Naismith di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat, bola basket sudah tumbuh jadi salah satu berolahraga sangat terkenal serta banyak dilihat di dunia. National Basketball Association( NBA) merupakan liga bola basket handal sangat signifikan di dunia dalam perihal popularitas, pendapatan, bakat, serta tingkatan kompetisi. 

Di luar Amerika Utara, klub- klub top dari liga nasional lolos ke kejuaraan kontinental semacam EuroLeague serta Basketball Champions League Americas. Piala Dunia Bola Basket FIBA serta Turnamen Bola Basket Olimpiade Putra merupakan kegiatan internasional utama berolahraga ini serta menarik regu nasional papan atas dari segala dunia. Tiap daratan jadi tuan rumah kompetisi regional buat regu nasional, semacam EuroBasket serta FIBAAmeriCup.

Piala Dunia Bola Basket Perempuan FIBA serta Turnamen Bola Basket Olimpiade Perempuan menunjukkan regu nasional papan atas dari kejuaraan kontinental. Liga utama Amerika Utara merupakan WNBA( Kejuaraan Bola Basket Divisi I NCAA Perempuan pula terkenal), sebaliknya klub- klub Eropa terkuat berpartisipasi dalam EuroLeague Women.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan