Mohon tunggu...
Mahansa Sinulingga
Mahansa Sinulingga Mohon Tunggu... Penulis yang tinggal di Bekasi dan bekerja di Jakarta.

Ikuti saya di blog mahansa.wordpress.com dan Twitter @mahansa.

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Menampilkan Lirik pada Spotify

17 Oktober 2016   18:29 Diperbarui: 17 Oktober 2016   18:41 3081 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menampilkan Lirik pada Spotify
Tampilan lirik di Spotify (dokumentasi pribadi)

Bagi sebagian orang, menikmati musik itu ya dengan menyanyikannya. Mereka nggak bisa cuma diam terpekur, menikmati musik sambil memejamkan mata ala seorang audiophile. Kalau bisa, mereka malah akan bernyanyi sekeras-kerasnya dan jejingkrakan meniru aksi penyanyi aslinya. Nah, buat orang-orang seperti ini, ketersediaan lirik atau teks lagu itu wajib.

Kalau zaman analog dulu, lirik biasanya disertakan pada lembar cover. Tak heran, cover kaset atau CD bisa lecek, karena terus dibolak-balik untuk melihat liriknya.

Bagaimana pada era digital?

Kalau kamu membeli musik dari toko musik digital seperti iTunes, biasanya mereka juga menyertakan lembar cover digital dalam format PDF. Tinggal download, habis itu bisa diprint atau dilihat langsung pada layar.

Nah, bagaimana kalau mendengarkan musik dari layanan streaming seperti Spotify?

Kalau kamu belum lama menggunakan Spotify mungkin tidak tahu bahwa beberapa waktu lalu sebenarnya pada aplikasi Spotify untuk desktop tersedia menu Lirik. Sayang, pada akhir Mei 2016 silam, Spotify dan Musixmatch bercerai, sehingga fitur ini tidak lagi tersedia di Spotify desktop.

Musixmatch

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menampilkan lirik saat menggunakan Spotify. Untuk pengguna ponsel atau tablet, cara termudah yaitu dengan menginstall Musixmatch.

Musixmatch saat ini memang merupakan tempat tujuan utama pendengar musik digital yang ingin mencari lirik. Aplikasi ini digunakan oleh sekitar 40 juta pendengar musik. Nggak usah heran, pasalnya lirik merupakan salah hal yang paling banyak dicari di Google.

Sekilas, Musixmatch terlihat seperti pemutar musik biasa. Namun, aplikasi ini sejatinya dirancang untuk mencocokkan musik dengan lagu. Itu sebabnya, founder dan CEO Musixmatch Massimo Ciociolia mengatakan, pihaknya menamakan produknya “musixmatch” karena memang bertujuan mencocokkan lirik dengan musik.

Perusahaan yang bermarkas di Bologna, Italia, ini sangat memaklumi betapa pentingnya lirik saat mendengar musik. Dengan adanya lirik, waktu yang dihabiskan orang untuk mendengarkan musik cenderung lebih lama ketimbang tanpa lirik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x