Mohon tunggu...
Magdalena Noviani Gelen
Magdalena Noviani Gelen Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta, Jurusan Ilmu Komunikasi

helloo!

Selanjutnya

Tutup

Travel

Pedalaman Kutai Kartanegara Kecamatan Tabang Terimpan Keindahan Alam

13 April 2021   01:15 Diperbarui: 13 April 2021   01:36 81 1 0 Mohon Tunggu...

Tabang- Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten di Kaltim yang banyak dikenal dengan alam nya yang masih alami dan salah satunya tepat di kecamatan Tabang dengan banyak keindahan alamnya yang tersembunyi. Di Tabang banyak desa-desa kecil yang tidak banyak di ketahui oleh masyarakat umum, walaupun hanya desa-desa kecil tetapi begitu banyak keindahan alam yang tersimpan juga dengan wisata-wisata kecil yang masih murni dari alamnya.

Ada salah tempat yang ingin saya perkenalkan nih! Ini merupakan salah satu tempat yang murni dari keindahan alam yaitu di Kec. Tabang dimana warga desa tersebut biasa menjadikan tempat itu untuk refreshing dan kebetulan tempatnya jauh dari pedesaan juga dari keramian sehingga suasananya yang begitu tenang indah dan alami, orang-orang disana menyebutnya "Sungai Litan".

Seperti Namanya "Sungai Litan" ini tempat yang dikelilingi dengan pohon-pohon, batu besar dan sungai yang sangat jernih karena sangking jernihnya kita bisa melihat batu-batu kecil dan juga ikan didalam sungai. Untuk menuju sampai ke Sungai Litan ini kita hanya dapat menggunkan transportasi yaitu perahu dan juga ketinting karena akan hanya melewati sungai saja. 

"Untuk bisa sampai ke Sungai Litan dengan pemandangan yang lebih indah lagi harus menggunkan perahu dan ketinting yang lebih besar karena makin dalam kita akan menyusuri tempat akan semakin banyak medan-medan sungai yang ekstrim, tapi tentunya suasananya pun semakin bagus dan tenang, untuk masuk sampai Sungai Litan dibutuhkan waktu 3-4 jam" ujar Ayub beliau salah satu warga yang memang sering ke Sungai Litan. Menuju ke Sungai Litan tidak mudah bukan? Tapi sesudah sampai disana semuanya pasti akan terbayar oleh keindahan tempatnya yang sejuk. "lebih bagus lagi kalau kesana jika air Sungai Litan sedang surut agar perjalanan kesana lebih mudah karena tidak akan melewati arus yang deras", lanjut Ayub.

dokpri
dokpri
Warga Tabang memang jika ingin pergi ke Sungai Litan untuk refreshing harus menunggu air Sungai surut dulu baru bisa pergi, karena biasanya salah satu kegiatan untuk refeshing orang-orang disana yaitu mencari ikan mulai dari memancing, pasang jerat ikan dan menjala maka untuk kesana hanya pada musim kemarau agar mencari ikan juga lebih mudah. Biasanya saat pergi ke Sungai Litan orang-orang akan menginap 2-5 hari. "Kalau hanya untuk satu hari saja rasanya tidak puas untuk menikmati keindahan alam disana", ujar Ayub. 

Jika pergi ke Sungai Litan untuk berhari-hari tentunya akan bermalam disana, dan warga yang biasa ke Sungai Litan pasti akan membuat tenda sendiri yaitu dengan tenda terpal saja diatas karangan batu yang luas untuk membuat tenda karena biasanya yang pergi ke Sungai Litan ini bisa 5-15 orang bahkan lebih dan pasti akan membutuhkan  3-10 perahu untuk berangkat "kalau kita hanya pergi 2-3 orang saja ngga seru si dan karena medan sungainya kan agak sulit gitu jadi kalau ada banyak orang akan lebih mudah untuk tarik-tarik perahu gitu yang nyagkut tidak kuat melewati arus sungai yang deras", lanjut Ayub. 

Memang perjalanan ke Sungai Litan ini semakin dalam kita menyusurinya akan semakin ekstrim sungai-sungai yang akan dilewati maka sangat diperlukan seorang yang memang handal mengendarai ketinting dan seorang yang biasanya didepan perahu untuk mengarahkan jalur arus mana yang harus dilewati agar perahu tidak menakbrak batu besar dan menyangkut.

Namun ada juga warga yang ke Sungai Litan tidak hanya refreshing saja tetapi mereka sekaligus mencari ikan untuk dijual kembali karena seperti yang diketahui tidak banyak masyarakat yang main-main ke Sungai Litan jadi dari beberapa masyarakat Tabang ini dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari nafkah. Nah pada kenyataannya memang ikan Sungai Litan dan sungai biasa yang dekat dari kampung itu berbeda mulai dari rasa ikan sungai Litan ini yang lebih segar dan beberapa ikan yang di Sungai Litan tidak ada disungai-sungai dekat kampung ini jadi masyarakat lebih minat pada ikan-ikan yang didapan dari Sungai Litan, dari tempat ini selain untuk mencari ketenangan yang indah bisa juga untuk membantu perekonomian masyarakat di Tabang.

"selain refreshing dan mencari ikan itu kan biasanya dari beberapa orang disini juga mencari kayu-kayu besar yang memiliki nilai jual yang besar untuk dijual ke pembeli kayu gitu",tambah Ayub. 

Jadi di Sungai Litan ini sangat banyak sekali yang kita dapatkan disana mulai dari bisa liburan, mencari lauk, sampai bisa mendapatkan penghasilan. "tapi bedanya dengan mencari kayu itu kita harus menunggu sampai musim hujan dan menunggu air dari Sungai Litan naik, karena akan lebih memudahkan membawa kayu-kayu itu ke pembelinya karena kalau air nya naik maka kayu-kayu itu akan ngalir saja dan kita hanya menunggu diluar tanpa harus tarik-tarik lagi",lanjut Ayub. Jika keperluannya disana mencari kayu maka harus menunggu air naik dulu sangat berbeda jika ingin berlibur bukan? Karena jika air naik maka pemandangan air Sungai Litan tidak begitu menarik dan akan sulit untuk mencari ikan.

Banyak alam-alam yang tersembunyi di Kaltim yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas yaitu itu salah satunya Sungai Litan di Kec. Tabang ini, sangat penting untuk diketahui dan dicoba agar dapat melihat surga-surga alam yang tersimpan dipedalaman negeri ini.

VIDEO PILIHAN