Mohon tunggu...
Made Yani
Made Yani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Halo semuanya! Saya mempunyai ketertarikan di bidang menulis. Pada akhirnya saya ingin mecoba menulis dan menuangkan isi pikiran saya dalam sebuah wadah. Hope you enjoy myblog guys

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ini Alasan Universitas Pertamina Wajib Masuk List Kampus Pilihan!

9 Agustus 2022   08:47 Diperbarui: 9 Agustus 2022   08:50 2500
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Suatu hari temanku nanya "Masuk ilmu komunikasi enak ya, kerjaannya ngomong doang" eitss dia belum tau nih anak komunikasi belajarnya nggak cuma soal ngomong doang. Banyak loh yang dikerjain sebagai seorang mahasiswa Komunikasi. 

Ya memang skill berbicara juga menjadi salah satu kebutuhan untuk bisa masuk jurusan komunikasi. Ingat ya, "salah satu" bukan satu-satunya, masih banyak banget skill yang harus kamu punya untuk bisa menjadi seorang lulusan komunikasi! Buat dapet itu semua, ya harus ketemu tempat belajar yang tepat. 

Ngomong-ngomong soal jurusan Komunikasi, aku juga seorang mahasiswa komunikasi lho. Aku seorang mahasiswa di Universitas Pertamina. Eh bentar, Universitas Pertamina? Emang ada jurusan Komunikasi, terus kampusnya dimana sih, belum pernah denger deh. Mungkin ada nih yang nanya kayak gini, sini-sini aku spill.

Universitas Pertamina itu adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang letaknya ada di Jakarta Selatan. Universitas Pertamina spesial karena merupakan wujud kontribusi PT Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Universitas Pertamina didirikan dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi. 

Walaupun kampusnya masih baru, jangan salah nih Universitas Pertamina sudah bersaing dengan kampus-kampus besar lainnya, baik swasta maupun negeri. Nggak percaya? Yuk cek di websitenya langsung. Universitas Pertamina punya Konsentrasi studi, ada Sains Teknologi dan Energi dan Sosial Humaniora, salah satu konsentrasi jurusan adalah Komunikasi. 

Karena aku masuk jurusan Komunikasi jadi aku pengen banget bagi informasi soal jurusan aku disana, apa aja sih yang dipelajari, dan semenarik apa Komunikasi Universitas Pertamina. Bedanya apa sih jurusan Komunikasi Universitas Pertamina sama yang lain. This is based on my personal experience ya guys.

  • Tenaga Kependidikan yang Profesional

Buat aku dosen-dosen komunikasi Universitas Pertamina  itu keren dan profesional. Selama masuk jurusan Komunikasi aku belum ngalamin yang namanya takut sama dosen. Dosennya ngajar sepenuh hati, cara penyampaian materi yang jelas, padat dan cukup mudah untuk dipahami. 

Ini alasan kenapa aku taruh ini di nomor satu, buat aku sesulit apapun materinya dipahami, tapi disampaikan dengan cara yang tepat, ya pasti lebih mudah untuk kita mahasiswa. Selain itu Bapak, Ibu dosen sangat "welcome" untuk meluangkan waktu beliau di luar jam kelas, untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan mahasiswa. Menurutku ini sangat membantu untuk bertanya kembali soal pelajaran di kelas atau nyoba project bareng dosen.

  • Sebagai Satu-Satunya Program Studi Komunikasi Energi

Mungkin ini yang bikin Komunikasi Universitas Pertamina spesial. Tentunya Komunikasi Universitas Pertamina juga belajar Komunikasi Energi yang membuat lulusan Komunikasi Universitas Pertamina punya poin plus. Aku ingat di semester 2 kemarin belajar salah satu mata kuliah yang berkaitan dengan Bisnis Teknologi dan Energi. Eh tapi kamu jangan berpikir ini seribet itu, karena tentunya fokus bidang yang kita pahami adalah di bagian Komunikasinya.  Pokoknya fun banget deh!

  • Project-Project Lapangan Menyenangkan dan Bermanfaat

Bagian yang paling aku suka selama menjadi Mahasiswa Prodi Komunikasi di Universitas Pertamina adalah project dalam setiap mata kuliah. Ini menarik banget, project yang kita kerjakan sebagai bentuk aplikasi dari materi yang kita pelajari di kelas. Jadi kita benar-benar mengaplikasikan apa yang kita pelajari, bukan cuma teori aja.

Bocoran nih guys, biasanya kalau kita ujian hampir nggak pernah cap-cip-cup pilihan ganda, karena hampir seluruhnya project. Percaya deh itu sangat-sangat menyenangkan. Setiap project ini faktanya memaksa kita buat punya creative thinking dan problem solving yang baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun