Mohon tunggu...
Mada Nurinnaja Almadina
Mada Nurinnaja Almadina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030118

a reader that writes sometimes

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Menang atas Jepang, Tim Indonesia Melaju ke Final Thomas Cup 2022

14 Mei 2022   19:43 Diperbarui: 14 Mei 2022   19:47 200 5 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Thomas Cup Indonesia 2022 (https://twitter.com/INABadminton)

Jumat 13 Mei kemarin tengah terjadinya pertandingan yang sengit antara tim Jepang dan tim Indonesia di babak semifinal Thomas Cup 2022 yang diadakan di impact arena Bangkok, Thailand. Dengan tim Uber Indonesia yang telah kalah di babak qualifying, tim Thomas Indonesia masih tetap melaju dengan skor 3-0 atas China di babak qualifying pada 12 Mei kemarin.

Sebelum membahas skor perolehan tim Indonesia di semifinal kemarin, kita akan membahas sedikit tentang Thomas cup. Thomas Cup atau Kejuaraan Beregu Pria Sedunia pertama kali diadakan pada tahun 1948-1949, sementara itu Uber Cup atau Kejuaraan Beregu Wanita Sedunia ditambahkan untuk pertama kalinya pada tahun 1956-1957.

Ketika pertama kali diadakan, Thomas Cup berlangsung setiap tiga tahun sekali dan merupakan turnamen internasional besar pertama di bidang olahraga. Ide kompetisi dan piala donasi Thomas Cup tersebut dicetuskan oleh Presiden pertama dari badan pemerintahan dunia yaitu, Sir George Thomas, seorang pemain badminton legendaris dengan 21 gelar Kejuaraan All England serta merangkap menjadi administrator olahraga.

Pertandingan pertama babak semifinal ini di mulai dengan tim Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melawan Kento Momota dari tim Jepang. Set pertama dimulai dengan Ginting yang mencetak poin pertama 1-0 atas Momota. Pertandingan berlanjut hingga mencapai interval dengan ginting yang memimpin 11-6 atas Momota dalam kurun waktu 9 menit. Akhirnya Ginting berhasil unggul dari Momota di set pertama dengan skor 21-13 dalam waktu 25 menit.

Set kedua berlanjut dengan Momota memimpin di interval dengan skor 10-11 dalam 17 menit. Sayangnya Ginting tidak berhasil menyusul Momota dan set kedua berakhir dengan skor 14-21 dengan Momota yang berhasil menyamai kedudukan. 

Pada set terakhir Ginting dapat bermain dengan lebih baik dan tenang hingga mencapai keunggulan di interval dengan skor 11-2 dalam 10 menit. Momota berusaha mengejar tetapi dengan skor yang tertinggal jauh Ginting berhasil mengalahkannya dengan skor akhir 21-12 dalam 18 menit, menyumbangkan poin pertama bagi tim Indonesia.

Berlanjut dengan pertandingan kedua antara Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi. Pada set pertama Ahsan dan Kevin tertinggal di interval dengan skor 5-11 dalam 7 menit.

Pertandingan berlanjut Ahsan dan Kevin masih tertinggal jauh dengan skor 7-17, tetapi perlahan mereka berhasil menyusul hingga mencapai skor 18-20. Set pertama pun akhirnya berhasil dimenangkan oleh Ahsan dan Kevin dengan skor 22-20 dalam waktu 18 menit.

Di set kedua Hoki dan Kobayashi unggul kembali di interval awal dengan skor cukup jauh yakni 3-11 dalam waktu 9 menit saja. Pertandingan berlanjut tetapi Ahsan dan Kevin sudah sangat tertinggal jauh, akhirnya mereka pun harus mengakui keunggulan tim lawan dengan skor akhir set kedua 8-21 dalam 19 menit. 

Hoki dan Kobayashi berhasil menyamai Ahsan dan Kevin sehingga berlanjutlah pertandingan ke set 3. Set ketiga Ahsan dan Kevin bermain dengan sangat rapih dan penuh konsentrasi sehingga mereka pun memimpin di interval dengan skor 11-8 dalam 11 menit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan