Mohon tunggu...
Old Imp
Old Imp Mohon Tunggu... Administrasi - Penyeimbang

Urlicht

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perang Tempo vs @Kurawa Adalah Perang Intel?

31 Mei 2016   11:25 Diperbarui: 31 Mei 2016   11:33 1728 29 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[JB: 007]sumber: youtube.com

Mendengar kata intel sebagian besar akan langsung membayangkan agen 007 yang flamboyan itu. Walaupun belakangan sudah banyak film spy lainnya, namun tidak bisa dipungkiri si JB punya kelas tersendiri yang sulit disaingi. Jika itu saja wawasan anda tentang dunia intel maka anda sudah jadi korban holywood. Padahal dalam dunia nyata intel itu tidak melulu berhubungan dengan militer dan tugas negara. Dalam dunia sipil seperti media dan industri pun bertebaran intel-intel.

Beberapa hari ini publik heboh dengan isu seputar perang berita antara Tempo vs. @Kurawa. Dalam pertempuran itu masing-masing pihak mengklaim informasinya kualitas A1 alias valid karena langsung dari narasumber yang dirahasiakan. Nara sumber Tempo adalah orang dalam KPK sedangkan narasumber @Kurawa orang dalam Tempo dan juga mungkin di kantor Gubernur. Bukankah itu artinya baik Tempo maupun @Kurawa mempunyai intel? Tidak usah heran tentunya karena bahkan Ahok sendiri pun mengaku punya intel dimana-mana yang terbukti manjur dalam mengungkap kasus seperti pungli pengelola kuburan. 

Di Kompasiana ini juga bertebaran intel tapi jangan tertipu. Anda harus bisa membedakan mana Intel asli dan mana Intel KW. Jadi buat pembaca yang tertarik terjun ke dalam dunia agen rahasia atau justru ingin merekrut agen rahasia sendiri setidaknya anda pun harus tahu kualitas seperti apa yang harus dimiliki seorang intel. Mari kita simak kemampuan apa saja yang wajib dimiliki oleh seorang intel. 

1.  Pintar bergaul dan membaur dengan lingkungan. 

Tujuan Intel ujung-ujungnya adalah mendapatkan informasi rahasia. Jadi kalau anda penyendiri dan sulit bergaul kecil kemungkikan anda berhasil dalam dunia intel. Namun dalam mendapatkan informasi rahasia tentu anda juga tidak boleh seperti interogator. Jadio anda haruslah pintar bergaul dan membaur dengan lingkungan yang akan anda masuki. Lebih baik lagi jika and punya kharisma, sehingga yang tadinya musuh pun bisa diubah menjadi teman. sehingga lama kelamaan anda pun dipercaya sebagai tempat curhat. Nah kalau sudah begitu informasi yang justru mendatangi anda tanpa anda minta. 

2. Pencitraan

Berakting bukan hanya didepan kamera saat shooting saja, tapi benar-benar berakting dalam kehidupan nyata. Dan ini jauh lebih sulit karena anda harus berakting 24 jam sehari dalam periode tertentu selama penyamaran. Untuk berperan sebagai seorang jetset anda harus bisa mengetahui seluk beluk dunia jetset seperti memiliki selera seni yang tinggi, tahu cara berpakaian dan pembawaan bagaikan seorang bangsawan, mampu membedakan berbagai macam wine dan tahun pembuatannya atau mana cerutu yang berkualitas hanya dengan mencium baunya. Sebaliknya ketika berperan sebagai orang miskin anda tahu teknik tambal ban atau memilah sampah tanpa terpengaruh baunya. Singkatnya anda harus mampu menikmati foie gras dan caviar, sekaligus nasi aking. 

3. Fasih membaca bahasa tubuh dan bahasa isyarat.

Sebagai agen rahasia yang handal anda harus bisa membaca bahasa tubuh lawan sekaligus menyembunyikan bahasa tubuh anda sendiri supaya tidak ketahuan kalau anda bohong. Jika yang engkau hadapi adalah orang yang tidak berpengalaman mungkin gampang terdeteksi, namun bagaimana kalau yang di dihadapi adalah seorang pembohong profesional? Intel pun harus tahu apakah informasi yang berhasil didapat valid atau hoax dan itu sangat tergantung pad kemampuannya dalam "membaca" apakah sumbernya berbohong?

4. Faktor Fisik: Fit dan Menguasai Bela Diri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan