Mohon tunggu...
Mochammad Abdul Muiz
Mochammad Abdul Muiz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Undergraduate agribussines student at UPN Veteran Jawa Timur who loves to write.

Selanjutnya

Tutup

Games Artikel Utama

Dampak Pertumbuhan Industri Esports terhadap Perekonomian Indonesia

30 Juli 2022   12:53 Diperbarui: 31 Juli 2022   18:30 1008 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Timnas esports Indonesia saat bertanding melawan tim esports Filipina di laga final Mobile Legends SEA Games 2019. Foto: Kompas.com/Garry Lotulung

Electronic Sports atau yang dikenal esports kini menjadi fenomena baik nasional maupun global. Esports sendiri merupakan sebuah permainan yang menggunakan game online sebagai bidang kompetitif yang dimainkan secara profesional.

Esports mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, mungkin sebagian orang akan berkata "apa sih esports? paling hanya kegiatan yang cuma menghabiskan waktu".

Orang yang awam akan hal tersebut tidak menyadari bahwa fenomena esports dari tahun ke tahun makin berkembang. Hal tersebut membuat berbagai pihak ingin ikut serta berkecimpung ke dalam industri tersebut.

Berbagai pihak yang menggerakkan industri esports saat ini membuat esports berkembang sangat pesat dan lebih besar dibanding sebelumnya.

Antusias anak muda akan adanya esports ini makin besar, terbukti dari banyaknya kampus di Indonesia yang mempunyai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) esports.

Kemendikbudristek juga menyatakan bahwa cabang olahraga esports bisa menjadi materi pelajaran di sekolah meskipun tidak masuk dalam kurikulum nasional.

Tak hanya itu, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) selaku organisasi esports di Indonesia juga berupaya agar esports bisa menjadi ekstrakurikuler di tingkat SMP dan SMA atau sederajat.

Di samping itu, pemerintah juga telah menetapkan esports sebagai cabang olahraga, terbukti dengan secara resmi memasukkan esports sebagai salah satu cabang yang di lombakan dalam PON XX Papua.

Selain animo masyarakat yang besar, industri esports ini juga memiliki dampak positif perihal ekonomi nasional.

Sumber dari kemenparekraf.go.id
Sumber dari kemenparekraf.go.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan