Mohon tunggu...
Shofyan Kurniawan
Shofyan Kurniawan Mohon Tunggu... Freelancer - Arek Suroboyo

Lahir dan besar di Surabaya. Suka baca apa pun. Suka menulis apa pun.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Resensi Buku "Kisah 1001 Malam", Dongeng-dongeng yang Menambah Kearifan

23 April 2021   20:43 Diperbarui: 23 April 2021   20:54 390 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Buku "Kisah 1001 Malam", Dongeng-dongeng yang Menambah Kearifan
1001 Malam/goodreads.com

Judul              : Kisah Seribu Satu Malam

Penulis          : Sir Richard Burton

Penerjemah  : Krisnia Rahmadany

Penerbit        : Renebook, 2018

Tebal              : xxi +565 Halaman

ISBN               : 978-602-1201-43-5

"Kisah Seribu Satu Malam" yang dikumpulkan dan diterjemahkan oleh penulis dan penjelajah asal Inggris, Sir Richard Burton, dianggap sebagai versi yang paling lengkap dan teliti. Kisah-kisah yang termaktub di dalamnya mengambil latar pada masa kejayaan Islam di bawah kepemimpinan Khalifah Harun Ar Rasyid dan Al Ma'mun.

Kisah-kisah dalam buku ini bermula dari kekecewaan Raja Syahrayar dan Syahzaman setelah diselingkuhi oleh istri masing-masing. Di akhir kisah, Raja Syahrayar berjanji pada sang adik, akan membunuh perempuan-perempuan yang dinikahinya pada malam pertama setelah ia mengambil keperawanan mereka. Semua agar kekecewaannya tak terulang lagi.

Lalu datanglah seorang perempuan bernama Syahrazad yang menjadi ratu bagi sang raja. Demi menghindari nasib celaka yang menimpa ratu-ratu sebelumnya, Syahrazad menghibur raja dengan menceritakan kisah-kisah mengandung hikmah, hingga tanpa terasa seribu satu malam sudah terlampaui dan mereka dianugerahi seorang anak.

Kisah-kisah Erotis dari Timur Tengah?

Kisah-kisah yang diterjemahkan oleh Burton banyak memuat sisi erotis. Hal itu tak lain karena di dalamnya kita bakal menemui kisah-kisah yang menggambarkan praktik seksual antara majikan dengan budak, antara pemuda dan perempuan paling menawan; bahkan di sini juga, seluk beluk tubuh anggun dan wajah rupawan seorang perempuan digambarkan lewat syair-syair dengan pujian setinggi langit---saat membacanya kau mungkin bakal membayangkan perempuan itu jelmaan malaikat atau apalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x