Mohon tunggu...
Muhammad Rofii
Muhammad Rofii Mohon Tunggu... Dosen - Teacher and Writer

Beramal Literasi

Selanjutnya

Tutup

Surabaya Pilihan

April 2022 Surabaya Berduka

15 April 2022   10:07 Diperbarui: 15 April 2022   10:15 140 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi.

Musibah kini kembali melanda kota metropolitan dan kota terbesar kedua setelah Jakarta yaitu Kota Surabaya Jawa Timur. 

Setelah terjadi kebakaran hebat pada Selasa, 12 April 2022 di Komplek Pergudangan Margomulyo Permai, Sukomanunggal, Surabaya, yaitu sebuah gudang penyimpanan berbagai jenis alat listrik hangus dilalap api. 

Saking besarnya kobaran si jago merah tersebut, hingga juga mengakibatkan kebakaran pada gudang sandal yang berdampingan tepat berada di sebelah sisi kanan.

Kebakaran ini diperkirakan terjadi mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai dipadamkan oleh Tim PMK Surabaya sekitar pukul 13.30 WIB lebih. Namun keadaan benar-benar dipastikan aman dari sisa-sisa api dan dinyatakan kondusif pada keesokan harinya. Akibatnya, pemilik dua gudang tersebut ditaksir mengalami kerugian besar.

Satu hari setelah terjadi kebakaran di Margomulyo Permai, Sukomanunggal, telah terjadi kebakaran lagi di Mall Tunjungan Plaza Surabaya, Jl. Embong Malang Surabaya, pada Rabu, 13 April 2022 sore hari menjelang buka puasa. Kebakaran tersebut berpusat di lantai 10 dari Tunjungan Plaza 5. Karena kebakaran terjadi di lantai atas sehingga terjadi reruntuhan api yang juga sedikit memakan sisi depan gedung megah Tunjungan Plaza tersebut.

Kejadian ini pasti membuat para pekerja sedih dan merasa terpukul, terlebih bagi para pemilik stand di Mall ataupun pemilik Gudang. Walaupun tidak terdapat korban jiwa dari dua peristiwa nahas tersebut. Namun apalah daya, taqdir ini tetap yang maha kuasa yang maha tahu sedangkan manusia hanyalah bisa berusaha sebaik mungkin. Tidak perlu disesali tapi tetaplah bersabar, berikhtiar dan bangkit kembali karena keputusan-Nya pasti ada hikmahnya.

Dua kejadian ini merupakan sepenggal kejadian kebakaran yang menimpa Kota Surabaya untuk kita jadikan sebagai renungan dan muhasabah dalam menjalani taqdir (ketentuan Allah SWT) kehidupan kedepannya.

Disebutkan dalam Hadis Riwayat Abu Naim dan al-Khatib; Sabar adalah separuh dari Iman. Ajaran bersabar dalam Islam begitu penting, sehingga porsinya separuh dari kesempurnaan kualitas dan tingkat keimanan kita.

Siapa yang bisa memprediksi bahwa kebakaran di lokasi itu akan terjadi? Tidak ada. Bahkan kita semua tidak menginginkan terjadinya kebakaran. Tapi kuasa Allah tidak ada yang menandingi, beruntung masih tidak ada korban jiwa. 

Melihat kejadian ini merupakan sebuah bukti kekuasaan Allah dan bukti bahwa manusia tidak kuasa seperti yang maha kuasa. Kunci menghadapi musibah atau kejadian ini adalah bersabar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan