Mohon tunggu...
M Nashihul Mukminin
M Nashihul Mukminin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tips Belajar Content Writing Bagi Pemula

5 November 2023   12:49 Diperbarui: 5 November 2023   12:57 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo sobat literasi!!!

Gimana kabar kalian hari ini? Semoga dalam keadaan baik ya sob.

Tetap Semangat terus ya dalam menjalani lika-likunya hidup ini hehe 😊.

 

By the way, tau ga sih kalian sob, bahwa jadi content writer itu ternyata ada aturannya loh? Kita enggak bisa semena-mena hanya membuat suatu tulisan, namun juga harus memperhatikan struktur yang ada. Nah pas banget nih sob, Komunitas Gapura Pustaka, MLI-I, dan Dream Team membuat kolaborasi webinar bulan bahasa di mana kali ini mengangkat tema "Tips Belajar Content Writing Bagi Pemula" yang dilaksanakan pada Sabtu, 04 November 2023 Pukul 19.30 WIB. Webinar ini mendatangkan pemateri yang luar biasa tentunya yaitu, kak Faiz Starla. Beliau ini sudah mempunyai banyak pengalaman loh di dibidang kepenulisan seperti, menjadi tim editor di LIT Publisher, editor naskah freelance, menjadi pemateri kepenulisan, dan menjadi volunteer dalam content writer enthusiast. Tak lengkap rasanya kalau tidak menyebutkan moderator dan notulensi dalam suatu kegiatan webinar. Moderator dari webinar ini yaitu kak Recaka Harsa dengan notulisnya yaitu kak M. Nashihul Mukminin. Lalu, kegiatannya bahas apa saja sih. Webinar tersebut membahas tentang tips-tips yang perlu diketahui dan dipelajadi di dalam membuat suatu konten kepenulisan. Berikut adalah rangkuman dari kegiatan webinarnya.

Kalian tau ga sebenarnya content writing itu apa sih?

Aku kasih tau ya. Content writing itu adalah hasil tulisan dari seorang content writer. Nah, content writer sendiri itu penulis konten profesional yang bertugas mengedukasi melalui tulisan yang dihasilkan. Kalian juga tidak asing kan dengan sebutan “Content Writer” dan “Copy Writer”? Nah, sebenarnya kedua sebutan tersebut berbeda loh sob. Content Writer secara tulisan lebih banyak, tujuannya untuk mengedukasi sedangkan Copy Writer tujuannya hanya untuk menarik audience supaya membeli produk yang dijajakan. Dapat dikatakan juga bahwa Copy Writer itu bekerja di marketing atau pemasaran.

Kamu mau jadi “Content Writer” atau “Copy Writer” nih? Nah, kalau mau jadi Content Writer kamu harus mengetahui tips-tips belajar content writing. Nah, berikut tips-tips belajar content writing bagi pemula ala kak Faiz Sarla:

1.) Baca Karya Orang Lain

Ini sangat ampuh, terlebih bagi kaum pemula. Setidaknya kamu akan memiliki gambaran dan tahu bagaimana bentuk content writing. Meskipun content writing tiap tempat itu berbeda. Selain itu, kamu juga akan tahu hal-hal yang perlu dimasukan di sana. Seperti halnya keyword, aturan paragraf, gambar sebagai pendukung, dan lain sebagainya. Kamu bisa mencari karya orang lain ini di web. Di media sosial juga bisa. Namun, saat di media sosial, content writing itu diolah menjadi bentuk gambar. Contohnya seperti di Instagram. Berbeda dengan saat di web, tulisan tersebut masih rill dari content writer. Bahkan sesuai dengan aturannya, seperti terdapat keyword dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun