Mohon tunggu...
Faizah Meia Maulidiyah
Faizah Meia Maulidiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

Mahasiswa 2023

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Puncak Pertamamu di Gunung! Tips Persiapan Hiking untuk Pemula

6 Juni 2024   07:50 Diperbarui: 6 Juni 2024   07:52 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Siapa disini yang pecinta alam, tapi belum pernah sama sekali merasakan pesona keindahan puncak gunung? Nah, solusinya ada disini. Kalian bisa mencari tau persiapan apapun itu entah dari fisik ataupun kebutuhan selama pendakian pada artikel ini loh.

Hiking sendiri biasanya disebut dengan mendaki ataupun treking, hiking merupakan perjalanan panjang dan kecil yang menelusuri hutan untuk mencapai puncak pegunungan yang indah. Biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi tidak menutup kemungkinan jika  membutuhkan waktu yang tidak lama. Meskipun dengan melihat jumlah MDPL tidak bisa diprediksi ketinggiannya loh, karena itu tergantung jalur pegunungannya sendiri. Beberapa orang biasanya menyebut pendakian untuk melakukan penyembuhan dengan alam, entah itu karena sakit hati, stress, maupun memang sudah hobi nya mendaki gunung dan ada juga yang memang orang tersebut pecinta alam ya teman-teman. Pendakian juga bisa dilakukan dengan tim ataupun golongan anak alam yang biasanya sering melakukan pendakian di gunung, ada juga orang orang yang melakukan solo hiking yaitu melakukan pendakian sendirian, biasanya solo hiking dilakukan oleh orang orang tertentu yang sudah tau jalur dan kondisi pegunungan tersebut ataupun orang tersebut sudah hafal dan mengerti dengan berbagai peraturan dan persiapan  yang dibutuhkan selama melakukan pendakian di gunung.

Pendakian gunung bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menantang bukan? maka cobalah untuk mendaki di pegunungan yang begitu indah, minimal sekali dalam seumur hidup kalian bisa menikmati bagaimana rasanya melakukan pendakian ke puncak gunung. Berikut adalah tips persiapan hiking untuk pemula :

1. Persiapan Fisik dan Mental

Tentunya sebelum melakukan pendakian pertama kali untuk pemula perlu mempersiapkan fisik maupun mental, karena kita juga tidak bisa memprediksi keadaan kita pada saat treking di gunung kan. Maka dari itu, persiapkan fisik dan mental kalian semua dengan cara berolahraga seperti lari ataupun jogging, cek mental kalian dengan cara meyakinkan diri sendiri bahwa kita mampu dan kuat melakukan pendakian sampai puncak, tetap berpikir positif dan fokus pada satu tujuan kalian ya.

2. Pilih Gunung yang Sesuai dengan Kemampuan

Kalian harus memulai dengan gunung yang tidak terlalu sulit jalurnya ataupun tinggi puncaknya. Gunung dengan arahan yang jelas di setiap jalur dan fasilitas yang memadai cocok untuk pemula loh, agar kalian tidak tersesat pada saat pendakian. Kalian bisa juga mencari informasi-informasi gunung yang cocok untuk pemula di sosial media, bisa di instagram, google, tiktok maupun youtube.

3. Memperhatikan Kondisi Cuaca

Sebelum kalian melakukan pendakian digunung, kalian harus memperhatikan kondisi cuacanya ya teman-teman. Karena itu mempengaruhi selama pendakian kalian, kalian juga harus menghindari cuaca pada saat hujan dan ekstrim karena itu membahayakan kondisi seorang pendaki.

4. Perlengkapan Pendakian

Sebelum mendaki, tentu saja kalian harus mempersiapkan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan selama pendakian bukan? Nah berikut ini adalah beberapa perlengkapan selama melakukan pendakian.

  • Sepatu gunung : sepatu pasti banyak macamnya, tapi untuk mendaki sendiri punya sepatu khusus loh. Dengan bentuk, model dan fungsi yang berbeda dari sepatu biasanya. Pilihlah sepatu gunung yang kualitasnya baik, nyaman dipakai, dan aman saat digunakan.
  • Pakaian : Gunakan pakaian kalian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Pilihlah baju yang cepat kering dan bisa dilepas-pasang itu sangat disarankan, Karena tidak terlalu merepotkan bagi kalian untuk mengganti baju. Dan pastikan kalian membawa jaket tahan air dan angin ya.
  • Ransel/Carrier : Pilihlah ransel yang muat kapasitas banyak ya, karena semua barang-barang yang kalian bawa akan dimasukkan kedalam ransel/carrier tersebut. Dan pastinya, gunakan ransel yang nyaman dipakai selama pendakian.
  • Kompor portabel/alat masak : Barang-barang ini tentu sangat dibutuhkan bukan pada saat mendaki? kalian butuh amunisi sebelum melanjutkan pendakian selanjutnya, bisa dibuat untuk masak ataupun menanak nasi jika kalian lapar.
  • Perlengkapan tenda : Kalian harus memastikan membawa hal ini jika kalian melakukan camping di puncak gunung ya, karena itu sangat dibutuhkan untuk kalian para pemula beristirahat. Perlengkapan ini berisi tenda (tergantung kapasitas dan layer yang dibutuhkan), matras, sleeping bag, bantal tidur ataupun hal lainnya (menyesuaikan dengan kalian butuhkan ya).
  • Perlengkapan tambahan : Kalian bisa bawa topi/kacamata untuk foto/selfie yang bagus loh,  bisa juga membawa trecking pole jika kondisi jalur sangat nanjak dan ekstrim, bawa jas hujan pada saat cuaca sedang hujan, sarung tangan juga agar tidak kedinginan, kalian juga bisa membawa senter/headlamp pada saat melakukan pendakian malam hari sebagai penerang jalurnya, biasanya juga tersedia peta di pos perizinannya agar pendaki tidak tersesat di jalur pendakian, dan jangan lupa untuk selalu membawa trash bag sebagai tempat sampah makanan/minuman yang kalian bawa, suka mendaki jangan lupa jaga alam ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun