Mohon tunggu...
Lynna
Lynna Mohon Tunggu... Blogger

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pentingnya TikTok Hashtag dan Tips Penggunaannya

19 Mei 2020   14:54 Diperbarui: 19 Mei 2020   14:53 5 0 0 Mohon Tunggu...

Sebagai platform media sosial yang sedang diminati, banyak bisnis / brand yang menggunakan TikTok sebagai platform marketing. Di dalam TikTok banyak hal yang bisa dioptimalkan agar kontennya dapat menarik audiens ke profil bisnis dan akhirnya mempelajari produk Anda. Salah satu yang bisa digunakan adalah hashtag.

Penggunaan hashtag sangat populer di media sosial mana pun. Hashtag dapat membuat konten yang Anda buat gampang ditemui oleh audiens. Namun selain kedua hal tersebut, apa sebenarnya keuntungan dari memakai hashtag? Berikut penjelasannya:

Untuk Mengidentifikasi Kompetitor

Dengan menggunakan hashtag di setiap konten produk, Anda akan melihat siapa saja yang juga menggunakan hashtag tersebut. Anda akan menemukan kompetitor yang juga mempunyai produk yang sama. Mengidentifikasi kompetitor dengan hashtag berarti juga mengidentifikasi kontennya. Anda dapat memantau konten dan engagement akun kompetitor melalui hashtag.

Menambah Followers

Hashtag membantu menampilkan konten Anda kepada audiens yang di luar followers Anda. Maka hashtag pun dapat menjadi pintu untuk membawa audiens tersebut untuk melihat akun Anda dan menjadi followers. Maka sangat penting untuk mengoptimalkan kualitas konten sehingga menarik audiens untuk mengikuti akun Anda.

Lalu bagaimana cara menggunakan hashtag untuk mendorong konten di TikTok? Berikut tipsnya untuk Anda:

1. Temukan Hashtag yang Relevan
Tentunya dalam penggunaan hashtag, Anda harus memakai yang sesuai dengan brand Anda. Cari keyword yang relevan dengan industri dari bisnis / produk Anda. dengan begitu, audiens akan mudah menemukan produk Anda. Jika bisnis / produk Anda merupakan industri fashion misalnya, bayangkan diri Anda sebagai audiens. Kira-kira kata apa yang akan mereka cari untuk menemukan konten mengenai fashion. 

2. Buat Branded Hashtag
Mempunyai hashtag sendiri akan membawa bisnis Anda ke level marketing TikTok yang berikutnya. Anda bisa menggunakan branded hashtag untuk memulai suatu campaign. Anda bisa meminta followers Anda untuk memakai hashtag tersebut dan menyebar luaskan mengenai campaign yang sedang berlangsung. Anda juga dapat menggunakan hashtag ini untuk memantau dan menganalisis campaign-content yang tergabung di dalam hashtag tersebut.

Tips dalam menentukan hashtag untuk brand Anda: 1) Fokus untuk menemukan dan menciptakan satu hashtag untuk satu campaign. Membuat terlalu banyak hashtag untuk suatu campaign akan menimbulkan kebingungan pada audiens. 2) Pastikan hashtag relevan dengan campaign. 3) Ciptakan hashtag yang sedikit menjelaskan isi campa
ign tersebut.

3. Gunakan Hashtag yang Populer
Anda bisa menargetkan konten ke audiens yang lebih besar dengan cara menggunakan hashtag yang populer. Analisis konten apa yang sedang populer di TikTok kemudian gunakan hashtag-nya jika itu masih relevan dengan brand Anda. Misalnya, Anda bisa menggunakan hashtag mengenai bulan puasa jika brand Anda mempunyai konten seputar bulan puasa. Tentunya jika ingin bergabung ke hashtag yang populer Anda harus memastikan hashtag tersebut masih aktif. Jangan sampai Anda memakai hashtag yang sudah ketinggalan zaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x