Mohon tunggu...
Lynna
Lynna Mohon Tunggu... Blogger

Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tips Mudah Meningkatkan Engagement di Instagram

26 Maret 2020   11:57 Diperbarui: 26 Maret 2020   12:17 9 0 0 Mohon Tunggu...

Instagram biasanya digunakan oleh para penggunanya untuk mengunggah foto atau video untuk berbagai tujuan. Mulai dari menggunggah foto atau video untuk berbagi pengalaman, bisnis hingga ingin mendapatkan feedback dari pengguna lain. Mendapatkan banyak feedback tentunya menjadi kesenangan tersendiri bagi seorang pengguna. Berinteraksi dengan pengikut atau followers merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan feedback dan juga bisa meningkatkan engagement akun Instagram.

Tidak sedikit para pengguna Instagram tidak mengetahui arti dari engagement. Engagement itu sendiri merupakan interaksi dari pengikut atau pengguna Instagram terhadap posting yang Anda unggah. Engagement bisa dianalisis dengan beralih menjadi akun bisnis atau melalui alat atau aplikasi analisis media sosial. Engagement memang sangat penting untuk akun Instagram terutama bagi Anda yang memiliki akun bisnis. Mengapa demikian?

Dengan engagement, Anda bisa melihat seberapa baik akun Anda berinteraksi dengan audiens. Semakin engagement akun Anda meningkat, maka akun Anda akan semakin dikenal banyak orang. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi keuntungan bagi para pebisnis online. Nah, untuk Anda yang ingin meningkatkan engagement akun Instagram, berikut ada beberapa tips mudah meningkatkan engagement di Instagram.

  • Ketahui Audiens Anda

Audiens atau orang yang melihat akun dan posting Instagram Anda memang penting untuk diketahui agar Anda bisa merencanakan dan memutuskan konten apa yang akan anda unggah sehingga bisa relevan dengan para audiens. Jika akun Anda sudah beralih ke akun bisnis, Anda bisa melihat tab "Audience" di Instagram Insights. Di dalam fitur tersebut, Anda bisa mendapatkan data tentang pengikut Anda. Mulai dari lokasi, umur hingga jenis kelamin pengikut bisa Anda lihat di fitur tersebut.

  • Mengunggah Konten Yang Menarik

Terus-menerus mengunggah foto atau video yang biasa saja akan meninggalkan kesan yang membosankan dan juga akan berpengaruh pada engagement akun Anda. Maka dari itu, sebelum mengunggah, rencanakan dahulu konten apa yang akan Anda buat untuk diunggah sehingga bisa menarik perhatian orang.

Ada berbagai cara agar konten yang dibuat bisa menjadi menarik, seperti mengunggah foto atau video yang jelas dan memiliki nilai estetika. Anda bisa mengedit foto atau video sebelum mengunggahnya sehingga terlihat menarik dan enak dilihat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kata-kata yang unik, quotes, atau cerita pengalaman yang menginspirasi di kolom caption.

  • Konsisten

Agar konten yang diunggah bisa tetap bertahan dan menarik, Anda harus konsisten pada konten yang Anda buat. Jika Anda seorang fashion blogger, maka Anda harus konsisten membuat dan mengunggah konten yang berkaitan dengan fashion. Dengan demikian, akun Instagram Anda bisa tetap bertahan dan dikenal oleh banyak orang.

  • Gunakan Hashtag Di Posting Dan Instagram Story

Tagar atau hashtag bisa membantu para pengguna lain untuk menemukan posting Anda di Instagram. Maka dari itu, menambahkan hashtag di posting dan Instagram Story sangatlah penting agar bisa meningkatkan engagement dari posting Anda.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus berhati-hati memilih hashtag dan jangan asal menambahkannya di posting dan Instagram Story. Hashtag yang pas dan relevan dengan posting Anda bisa meningkatkan engagement terutama like. Lakukanlah sedikit riset untuk mengetahui hashtag apa yang sedang tren di Instagram.

Selain itu, membuat hashtag sendiri juga bisa meningkatkan engagement. Hal ini bisa memudahkan Anda untuk mengumpulkan foto atau video jika Anda berencana untuk membuat kompetisi, giveaway atau kampanye.

  • Pastikan Untuk Sering Menggunggah

Jika Anda sering mengunggah, itu berarti foto atau video Anda akan sering mucul di feed pengikut Anda. Hal ini tentunya bisa meningkatkan engagement dari posting Anda. Namun, bukan berarti Anda harus mengunggah tujuh atau sampai belasan kali dalam sehari. Beberapa pengikut Anda mungkin bisa menganggap hal tersebut menganggu feeds mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN