Mohon tunggu...
Luthfi Nur Badri
Luthfi Nur Badri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Don't waste time

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dilema Pembelajaran Daring? Berikut Ulasan dan Tipsnya

1 November 2021   18:40 Diperbarui: 1 November 2021   18:48 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

DILEMA PEMBELAJARAN DARING DAN TIPS MENGATASINYA

Oleh : Luthfi Nur Badri

Masa pandemi yang tak kunjung usai dan kasus covid-19 yang tak kunjung reda membuat gelisah seluruh kalangan masyarakat. Pandemi Covid-19 membuat semuanya menjadi serba sulit, mulai dari segi ekonomi hingga pendidikan. Pada bidang pendidikan khusunya, para guru, siswa hingga orang tua dituntut untuk lebih siap menghadapi sistem pembelajaran yang baru. Sistem daring merupakan salah satu model pembelajaran yang diterapkan di masa pandemi dan merupakan cara terbaik yang dilakukan dengan kondisi seperti sekarang ini, meskipun banyak dilema yang dialami.

Dalam penerapan belajar online ini, tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar, yang dipicu oleh beberapa faktor : Pertama, siswa yang belum memiliki gadget serta siswa yang belum banyak mengetahui penggunaan teknologi. Selain itu, masalah utama yang dialami siswa adalah jaringan yang tidak memadai. Kedua, kurangnya interaksi fisik antara guru dan siswa karena dalam pembelajaran online siswa hanya diberikan tugas melaui via online. Kebanyakan siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas dikarenakan tidak ada penjelasan-penjelasan awal dari guru tentang tugas yang dibebankan tersebut. 

Peserta didik hanya dituntut untuk mengerjakan tanpa mendapatkan penjelasan terlebih dahulu, akibatnya banyak siswa yang mengeluh dan tidak bersemangat dalam mengerjakan tugas. Ketiga, tugas yang diberikan guru sangat beragam, sementara waktu yang diberikan sangat singkat. Keempat, akibat kurangnya interaksi secara langsung antara guru dan siswa, otomatis berkurang internalisasi nilai-nilai karakter yang semestinya harus ditanamkan seorang guru ke dalam diri siswa. Ini akan mengakibatkan degradasi moral pada anak atau siswa, karena tugas seorang guru bukan hanya mengajar, mentrasferkan ilmu pengetahuan (pelajaran) saja, tetapi seorang guru juga dituntut untuk mendidik (pembentukan akhlak dan karakter) siswa.

Pembelajaran daring di tengah pandemi ini memiliki dilema tersendiri, namun pembelajaran daring merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pembelajaran daring tentunya memiliki dampak positif dan negatif. Guru, siswa, dan seluruh pihak yang terlibat harus bijksana dalam menyikapi pembelajaran daring yang sedang berlangsung di tengah pandemi ini agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.para generasi penerus bangsa harus dapat bertahan didalam situasi ini.

Adapun cara untuk menangani dilema pada peserta didik saat musim pandemi adalah :

1.Memanfaatkan bantuan kuota internet dari pemerintah untuk menunjang pembelajaran

2.Melakukan pelatihan penggunaan iptek dalam rangka pembelajaran jarak jauh

3.Pemberian pelatihan melalui webinar ataupun workshop tentang proses belajar mengajar bagi para pendidik dan tenaga kependidikan

4. Gunakan metode belajar yang sesuai serta pilih tempat yang nyaman untuk belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun