Mohon tunggu...
Lutfiyatul munawaroh
Lutfiyatul munawaroh Mohon Tunggu... PMM Kelompok 22 Desa tosari Kec. Tumpang Kab. Malang

pengabdian masyarakat oleh mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Peduli Masyarakat, PMM UMM Pasang Penerangan Jalan di Dusun Tosari

14 Desember 2020   19:50 Diperbarui: 14 Desember 2020   19:55 69 3 0 Mohon Tunggu...

Kelompok 22 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadyah Malang yang terdiri dari 5 orang anggota yakni Irfandha, Saskia, Lutfiyatul, Dela, Nabila dan dibimbing oleh Dra. Sri Wahjuni Latifah, M.M., Ak., CA.  pengabdian ini diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2020 hingga 24 November 2020. Pada hari ke 20 ini kelompok 22 mendirikan penerangan jalan pada enam titik di Dusun Tosari Kec. Tumpang Kab. Malang.

Dusun Tosari ini berlokasi di bawah perbukitan gunung bromo tepat nya berada di atas perbukitan. Hal ini yang membuat minimnya penerangan jalan di desa Tosari. Sehari-hari warga yang berlalu lalang berjalan kaki hanya menggunakan senter sebagai alat penerangan yang mengiringi aktivitas di luar rumah di malam hari.

Dokpri
Dokpri
Selain itu warga desa Tosari sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani sayur dan apel jadi di malam hari pun juga tidak sedikit warga yang berlalu lalang untuk beraktifitas di ladang antara lain menjaga hasil panenan, mengairi ladang. 

Jika tanaman meraka sudah mendekati waktu panen maka warga harus menjaga ladang mereka agar aman dari pencurian karena memang gelapnya desa meraka.

Keadaan-keadaan seperti ini lah yang membuat mahasiswa PMM UMM khususnya Kel 22 berinisiatif untuk mendirikan penerangan jalan di empat titik yang antara lain di titik akses jalan mereka menuju ladang. 

Hal ini bertujuan supaya aktivitas para warga petani di desa Tosari menjadi lebih mudah dan dengan harapan meminimkan adanya pencurian hasil panen.

Terlebih dari itu, Tiang penerangan jalan dibuat oleh tangan mahasiswa Kel 22 sendiri. Proses pengelasan tiang ini dilakukan Kel 22 di kampus UMM tercinta. Sebab, Mahasiswa PMM UMM Kel 22 ini ingin memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui kreatifitas dan kemampuan yang mereka miliki. Jadi tidak hanya sekedar memberi tetapi juga melalui upaya dan juga kekreatifan yang mereka miliki.

Proses pendirian penerangan jalan ini diselenggarakan dengan antusias serta gotong royong dari warga desa dan juga di dampingi oleh Bpk Kepala Dusun setempat.

Harapan Kel 22 ialah dengan didirikannya penerangan jalan ini, masyarakat bisa lebih aman beraktivitas malam hari, minimnya tindakan pencurian dan juga terlebih lagi bagi anak-anak bisa merasa lebih nyaman dan tidak takut lagi dikala malam hari.

Dokpri
Dokpri

VIDEO PILIHAN