Mohon tunggu...
Lutfin Amalia
Lutfin Amalia Mohon Tunggu... -

Mari berbagi ilmu :)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Serunya Belajar Sambil Main Gadget

30 September 2017   20:30 Diperbarui: 30 September 2017   20:32 544
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi : pinterest.com

Belajar, mungkin itu adalah sesuatu yang sangat membosankan bagi anak-anak, bahkan dijauhi. Hampir semua anak-anak mengalami hal yang sama. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan anak-anak merasa bosan dengan cara belajar yang itu-itu saja dan mereka sibuk dengan dunia mereka sendiri. Di zaman yang modern ini mereka sudah mengenal kecanggihan dari gadget. Lantas, apa itu gadget?

Gadget adalah suatu alat atau peranti yang dapat memudahkan para penggunanya dalam mengerjakan sesuatu. Contohnya seperti ketika ingin mengabadikan gambar maka kita menggunakan kamera, ketika ingin mengerjakan tugas menggunakan laptop, ketika ingin mendengarkan musik menggunakan mp3, ketika ingin menelfon jarak jauh menggunakan smartphone, dan masih banyak lagi kegunaan gadget yang lain.

Dengan kecanggihan gadget, dapat memudahkan manusia dalam melakukan sesuatu bahkan bisa juga menghemat waktu dan budget.

Untuk mengatasi kebosanan yang menimpa anak-anak ketika mereka belajar, bisa menggunakan gadget dalam kegiatan pembelajaran, karena pada dasarnya anak-anak menyukai sesuatu yang baru dan unik.

Penggunaan gadget saat mengajar anak-anak itu bisa berupa :

  • Menggunakan media Laptop dan LCD. Berguna untuk menampilkan bahan ajar di depan kelas (guru yang mengoperasikan dan menerangkannya kepada anak-anak). Hal ini sangat berguna agar anak-anak fokus melihat ke depan. Biasanya jika menggunakan media ini harus terdapat gambar, video bahkan suara agar mereka tertarik dan senang melihatnya.
  • Menggunakan media Tab/Tablet. Seperti pada kartun Upin & Ipin dimana gurunya meminjamkan Tab kepada semua muridnya dalam kegiatan belajar mengajar, namun pada akhir pembelajaran Tab dikembalikan ke tempat semula (disimpan di sekolah, jadi anak-anak tidak membawa Tab sendiri). Media ini juga berguna bagi anak agar mereka mengerti dan mengetahui perkembangan zaman.
  • Menggunakan media Komputer. Penggunaan media komputer sebenarnya hampir sama dengan penggunaan media Tab/Tablet, hanya saja di dalam media komputer terdapat lebih banyak fitur dan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan mereka dalam belajar. Media komputer juga terdapat keyboard sehingga dapat memudahkan anak dan bisa juga digunakan sebagai materi pembelajaran berupa membaca dan menulis (menulis dalam hal ini yaitu mengetik menggunakan keyboard).

Biasanya pada penggunaan media Tab dan juga Komputer bagi anak telah di setting dengan sedemikian rupa agar di dalamnya terdapat berbagai macam aplikasi pembelajaran dan permainan yang bersifat mendidik dan tidak keluar dari tema pembelajaran.

Namun di samping menggunakan gadget sebagai media, sangat dibutuhkan pendampingan dari orang-orang dewasa baik itu orang tua maupun guru sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung anak mendapatkan arahan dan bimbingan dalam menggunakan gadget serta anak tidak mengakses situs-situs yang tidak diinginkan.

Penggunaan gadget sebagai media pembelajaran itu penting dan perlu, akan tetapi hanya digunakan sekadarnya saja karena tidak semua aspek perkembangan anak bisa tercapai dengan hanya mengandalkan penggunaan media gadget saja. Jadi, menggunakan media gadget diperbolehkan asalkan tidak meninggalkan buku sebagai media pembelajaran, karena buku adalah jendela dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun