Mohon tunggu...
Lutfi Koto
Lutfi Koto Mohon Tunggu... Lainnya - Diver

Under the Sea and On The Cloud

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Cita-cita Menerbitkan Buku Sendiri

17 Agustus 2022   22:57 Diperbarui: 20 Agustus 2022   19:38 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : rancangmebel.com


Pada saat kuliah dulu saya bercita-cita untuk menerbitkan buku sendiri. Saya ingin nama saya tercatat sebagai salah satu penulis di Indonesia. Motivasi yang kurang baik memang (ria, ingin dikenal dan terkenal), tapi itulah awal mula saya ingin menerbitkan sebuah buku.

Saya ingin nama "Lutfi Koto" ada dalam daftar pustaka skripsi, disertasi, tesis, bahkan buku ilmiah lainnya. Saat S1 dulu saya menyelesaikan tulisan tentang Psikologi Pendidikan dan sudah rampung untuk 12 pertemuan untuk satu mata kuliah. Saat itu saya ingin sekali menerbitkan kumpulan tulisan-tulisan itu menjadi sebuah buku. Seandainya hari ini saya terbitkan, keinginan tersebut memiliki satu halangan. 

Jika difikirkan lebih dalam lagi, tulisan saya memiliki kekurangan. Pengalaman saya dalam mengajar siswa di kelas tidak banyak. Hal yang dikhawatirkan adalah buku yang saya terbitkan hanya rangkuman dari teori ahli, tetapi minim pengalaman. Penulis yang memiliki pengalaman tentu lebih baik, dan lebih bagus lagi memiliki teori karena hasil dari penelitian. Sementara saya tidak melakukan penelitian. Jadi ada beban akademik jika saya tetap bersikukuh untuk menerbitkan tulisan-tulisan itu dalam bentuk buku.

Cerita tentang usaha menerbitkan buku ini sudah salah niat. Ingin terkenal, dan ingin nama saya terpampang di rak buku semua pustaka. Saya belajar untuk memperbaiki niat. Jika niatnya yang salah maka niat itulah yang harus diperbaiki. Semoga adik-adik mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis dan mempunyai keinginan menerbitkan buku bisa terealisasi. Saya yakin semakin berkembangnya teknologi sekarang mahasiswa bisa menerbitkan sebuah buku ilmiah. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun