Mohon tunggu...
Lutfiah Rahmawati
Lutfiah Rahmawati Mohon Tunggu... Profil Untuk Tugas
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

AKUN TUGAS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Nilai-nilai Luhur Bangsa Indonesia

18 Juni 2021   16:41 Diperbarui: 18 Juni 2021   17:02 24 1 0 Mohon Tunggu...

  • Pengertian

Sejak awal kelahirannya tanggal 1 juni 1945, pancasila dimaksudkan sebagai dasar falsafah NKRI atau yang lebih dikenal sebagai dasar negara. Arti penting pancasila merupakan salah satu tolak ukur dan pegangan hidup bagi kehidupan bermasyarakat. 

Sebagai dasar negara, pancasila tercantum dalam alinea IV penyusunan UUD 1945 yang merupakan landasan yuridis konstitusional dan dapat disebut juga sebagai ideologi negara (Budiyanto, 2004:151). Kehidupan masyarakat pasca kemerdekaan pada tahun 1945, pancasila memegang peranan penting setiap gerak, arah dan cara kita juga harus senantiasa dijiwai oleh pancasila.

  • Definisi Nilai

Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa "cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan.

  • Pengertian Nilai Menurut Para Ahli 

Soerjono Soekamto, nilai adalah suatu konsep abstrak yang terdapat pada manusia, hal itu disebabkan atas nilai yang menurutnya baik ataupun jelek sekalipun.

Simanjuntak, nilai adalah sekumpulan pemikiran seseorang atas perilaku yang bersifat baik dan buruk.

Koentjaraningrat, nilai sebagai bentuk tradisi yang ada di kehidupan masyarakat.

Clyde Kluckhonhn, Nilai merupakan simbol baik dan buruk. Sebuah simbol baik dan buruk yang dimiliki seseorang bisa dilihat dari nilai sosial yang dimiliki. Clyde Kluckhonhn juga menyatakan bahwa lingkungan yang ditempati sangat mempengaruhi nilai yang dimiliki. Simbol nilai bisa didapatkan dari aktivitas yang dijalankan setiap hari.

  • Jenis-Jenis Nilai
  • Nilai Kebenaran

Nilai kebenaran berasal dari pikiran manusia yaitu cipta, rasio, dan juga budi pekerti. Nilai tersebut sudah ada sejak lahir, itu sebabnya nilai kebenaran sering diartikan sebagai kodrat dari Tuhan yang sudah diberikan untuk semua orang. Contoh sederhana bisa dilihat saat seorang hakim memberikan sanksi atas kesalahan yang dimiliki seseorang. Sanksi yang ditetapkan tergantung dari nilai kebenaran yang dimiliki.

  • Nilai Keindahan

Nilai keindahan merupakan unsur rasa yang bersumber pada diri manusia, istilah mudahnya sering disebut sebagai nilai estetika. Keindahan bisa diartikan secara luas, dan pastinya setiap orang membutuhkan keindahan. Akan tetapi, antara satu dengan yang lain mempunyai nilai keindahan yang berbeda-beda.

  • Nilai Sosial

Nilai sosial adalah sifat yang sudah ada pada setiap orang. Nilai sosial selalu berhubungan dengan perilaku dan tindakan seseorang, jadi nilai tersebut mampu mengubah perilaku untuk bersifat mandiri.

  • Nilai Moral

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN