Mohon tunggu...
Lusiana Dwd
Lusiana Dwd Mohon Tunggu... mahasiswi

berusaha untuk terus berkembang

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Dampak Penyebaran Virus Covid-19 terhadap Perkembangan Industri Ekonomi Syariah

18 Maret 2020   09:27 Diperbarui: 18 Maret 2020   09:52 4956 0 0 Mohon Tunggu...

Virus yang ngetrend dikenal saat ini yaitu Corona .memang telah diputuskan menjadi pandemik oleh World! Health Oganisation (WHO). Indikator pandemik ini sebenarnya berdasarkan pada dampak pada kondisi sosial kemasyarakatan.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang baru pekan-pekan terakhir ini mengkonfirmasi beberapa kasus corona yang ada di regionalnya. Apalagi jika dilihat secara statistik dari sisi rasio kematian akibat virus Corona di Indonesia termasuk yang tinggi dibanding negara yang terjangkit lainnya.Pada kondisi yang lebih luas pemerintah Tiongkok memprediksi ulang pertumbuhan ekonominya. Tiongkok yang pada saat munculnya Covid-19 berada pada posisi perang dagang dengan Amerika mulai lunak. dan pada kondisi indonesia sendiri ini menjadi salah satu negara yg pekan pekan terakhir ini mengonfirmasi beberapa kasus corona yg ada diregionalnya .dan dampak adanya pemberlakuan lock down pada usaha mikro ini

UMKM pada kondisi lockdown akan sulit bertahan, terutama masalah bahan baku, apalagi jika bahan bakunya secara keseluruhan merupakan hasil pengiriman dan tidak dihasilkan di wilayah itu. salah satunya pertimbangan tidak lockdown di Jakarta karna kita tau dominasi ekonomi Jakarta bagi Indonesia. Pengaruh dari lockdown saat ini masih belum berpengaruh secara signifikan terhadap UKM atau UMKM yang ada di nasional maupun regional

Sejauh apa dampaknya jika pemerintah belum juga mengantisipasi hal hal ini, mengingat saat ini pemerintah belum mengambil kebijakan secara tegas adalah bahwa pada kebijakan lock down pemerintah harus mengkalkulasi secara detail baik buruknya karena jelas sebuah regional akan terisolasi secara penuh dimana perekonomian akan tertutup. Jika lockdwon diterapkan di Indonesia ini akan sangat berpengaruh terhadap berbagai sektor terutama perekonomian ditinjau juga bahwa indonesia memiliki jumlah penduduk yang tinggi sebanyak 271,066.000 jiwa diprediksi oleh BPS pada tahun 2020.

Jika pada sektor transportasi terjadi dampak secara langsung karena himbauan jaga jarak dan hindari keramaian sedangkan pada dampak tidak langsung karena transportasi juga salah satu sektor penunjang pariwisata.

 Kalau dari harga saham jelas kondisi anjloknya karena bukan karena faktor fundamental tapi karena faktor psikologis investor, jadi memang mau tidak mau saat ini dampaknya perekonomian akan kontraksi. Sektor riil mikro harus tetap bertahan meski dalam kondisi sulit saat ini, harus tetap berproduksi, bisa dilakukan mulai opsi dengan mencari bahan baku dalam skala mandiri sehingga beban bisa terkurangi.

Dengan adanya kebijakan kerja dirumah,sekolah dirumah, ibadah dirumah  ini merupakan langkah agar seluruh masyarakat indonesia menerapkan himbauan tersebut untuk meminimalisir korban selanjutnya dan mampu memutus rantai Covid-19 .Dan tentunya pemerintah harus terlebih dahulu fokus terhadap kesehatan dan antisipasi wabah ini daripada percepatan ekonomi.

Untuk generasi muda harus benar-benar peduli  terhadap lingkungan dan jangan melakukan hal kegiatan yang justru semakin memperparah kondisi, menyebarkan kesadaran terhadap kampanye pola hidup sehat, meningkatkan daya imun tubuh dan mengikuti imbauan karena memang kondisi saat ini tidak pasti

Dengan itu ada beberapa cara untuk mengantisipasi virus ini,yaitu:

1.selalu mencuci tangan sebelum memegang mata dan mulut

2.gunakan haand sanitizer jika tidak ditemukan air bersih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN