Mohon tunggu...
Luqni maulana
Luqni maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Anggota

Terus gerak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Paradigma Idealis di Dunia Akademis

30 November 2022   16:25 Diperbarui: 30 November 2022   16:33 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Idealis merupakan bagian dari salah satu aliran filsafat pendidikan yang menganggap bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah terletak pada ide atau gagasan. 

Semua bentuk realita adalah manifestasi dari ide. Idealis merupakan suatu aliran yang mengedepankan akal pikiran manusia. Sehingga sesuatu itu bisa terwujud atas dasar pemikiran manusia. 

Dalam pendidikan, idealisme merupakan suatu aliran yang berkontribusi besar demi kemajuan pendidikan. Hal tersebut bisa dilihat pada metode dan kurikulum yang digunakan. 

Idealisme mengembangkan pemikiran sehingga menjadikan peserta didik mampu menggunakan akal pikiran atau idenya dengan baik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan..

Belajar di pergurun tinggi merupakan suatu anugerah bagi Sebagian besar anak di Indonesia, karena tidak banyak orang yang dapat mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. 

Lulusan dari lembaga ini diharapkan memiliki kompetensi yang lebih kompleks dibanding dari lembaga pendidikan di bawahnya Jika pada pendidikan dasar dan menengah hanya diberikan pendidikan dan pengajaran maka pada jenjang pendidikan tinggi, di samping pendidikan dan pengajaran, dituntut pula penguasaan di bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat.  

Ketiga aspek tersebut dikenal oleh masyarakat perguruan tinggi sebagai tri darma (tiga tugas hidup). Tugas tridharma tersebut juga meliputi pengelolaan potensi yang mampu dikembangkan di masyarakat. 

Sebelum terjun ke masyarakat tentu peserta didik harus sudah mengantongi berbagai pengetahuan yang mumpuni, ini di dapat pada proses belajara, dimana Ketika paradigma idealis ini sealau digunakan merka akan terbiasa berfikir dan berfikar yang akan membentuk jati diri seorang pelajar.

Kualitas lembaga pendidikan tinggi di Indonesia hingga saat ini masih tergolong rendah. Hal ini bisa diketahui ketika dibandingkan dengan lembaga pendidikan tinggi di negara-negara lain. 

Diketahui pula bahwa ternyata ada kesenjangan antara realita yang ada dengan tujuan dan standar kompetensi lulusan perguruan tinggi yang sudah dirumuskan dalam undang-undang maupun peraturan pemerintah dan perguruan tinggi terkait. 

Paradigma idealis bagi orang-orang akademisi merupakan sebuah eksistensi diri atas ilmu yang di perolehnya. Kuliah harus diberi makna sebagai forum untuk mengkonfirmasi pemahaman mahsiswa dan pemahaman dosen terhadap suatu pengetahuan dalam mata kuliah tertentu. Kuliah bukan semata-mata pertemuan di kelas, apalgi forum bagai mahasiswa untuk mencatat keterangan yang disampaikan dosen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun