Mohon tunggu...
Luna Septalisa
Luna Septalisa Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar Seumur Hidup

Nomine Best in Opinion 2021 | Penulis amatir yang tertarik pada isu sosial-budaya, lingkungan dan gender | Kontak : lunasepta@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Suku Bunga Tabungan 0%: Menabung di Bank Digital atau Investasi?

21 September 2022   12:12 Diperbarui: 11 Oktober 2022   18:36 432 33 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi investasi saham-photo by mikhail nilov from pexels

Di tengah upaya untuk mewujudkan cashless society, kepemilikan rekening bank memang sangat penting. Dengan demikian, kebijakan bunga tabungan 0% pun justru tidak menyurutkan minat masyarakat untuk menyimpan uangnya di bank. 

Hal ini disebabkan oleh pergeseran fungsi dan tujuan menabung di bank, dari yang awalnya agar bisa mendapat keuntungan berupa bunga tabungan berubah menjadi lebih transaksional

Maksudnya, menabung di bank bukan lagi demi mendapat bunga, melainkan demi kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan berbagai transaksi, seperti belanja daring, membayar tagihan rutin bulanan (listrik, PDAM, langganan internet dll), membayar pajak, membayar SPP bagi teman-teman mahasiswa, isi ulang dompet digital sampai untuk keperluan investasi dan mendapatkan kredit. 

Apalagi ketika kondisi pandemi Covid-19 lalu, masyarakat cenderung menyimpan uangnya di bank dibanding berbelanja. 

Meski penerapan bunga 0% ini berbeda-beda di tiap bank, tapi rata-rata bunga yang diberikan hanya di kisaran 0%-1%, tergantung nominal simpanannya. 

Di bank-bank besar, seperti Mandiri dan BCA, nominal simpanan sebesar lebih dari Rp 1 miliar pun bunganya tidak sampai 1%. 

Coba bayangkan saja, dari sekian banyak masyarakat pemilik rekening bank, siapa sih yang punya simpanan lebih dari Rp 1 miliar? Pasti hanya sebagian kecil bukan? 

Kalaupun tetap ingin mendapat keuntungan dari bunga tabungan, silakan coba buka rekening tabungan di bank digital. Bunga yang ditawarkan memang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang hanya mencapai 3,5%. 

PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB), misalnya, bisa menawarkan bunga hingga 8% per tahun untuk pengguna baru

Promo menarik bagi pengguna baru juga ditawarkan oleh Bank Jago dengan bunga 7% selama tiga bulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan