Mohon tunggu...
Roy Holmes
Roy Holmes Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Belanja Online di Tokopedia, Penjual yang Melanggar Aturan, Dana Pembeli yang Tertahan

5 Maret 2016   04:27 Diperbarui: 5 Maret 2016   04:38 11809
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Selamat malam Tokopedia,

Sebelum saya menceritakan keluh kesah saya, saya ingin sedikit mengutip point penting yang menjadi dasar pegangan saya, yang saya kutip dari SYARAT DAN KETENTUAN yang berlaku di situs Tokopedia.

-Point C. No 03 : Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.

-Point C. No 13 : Pengembalian dana dari Tokopedia kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

- Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,
 - Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,
 - Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
 - Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.

-Point D. No 05 : Setelah menyetujui untuk menerima pesanan pembeli, maka pihak Penjual wajib memasukan nomor resi pengiriman Barang dalam batas waktu 5 hari (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Tokopedia . Jika dalam batas waktu tersebut pihak Penjual tidak memasukan nomor resi pengiriman Barang maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan.

-Point D. No 06 : Penjual memahami dan menyetujui bahwa pembayaran atas harga Barang dan ongkos kirim (diluar biaya transfer / administrasi) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil dan/atau ketentuan lain yang diatur dalam Syarat & ketentuan No C 13

Cerita dimulai pada tanggal 17 Februari 2016, setelah saya mencari-cari produk handphone yang saya inginkan, saya memutuskan untuk membeli di salah satu toko di tokopedia, setelah saya menanyakan ketersediaan stock terlebih dahulu di tanggal 16 Februari 2016 kepada toko tersebut, pada tanggal 17 Februari 2016 saya memutuskan untuk membeli,melakukan pembayaran, pembayaran saya terkonfirmasi di hari yang sama, dan pada hari yang sama pula pihak penjual menyatakan menerima order saya dengan invoice number : INV/20160217/XVI/II/27697045.

Di tanggal 18 Februari 2016, penjual mengatakan bahwa hanya tersedia warna hitam, saya menerima dan mempersilahkan penjual mengirimkan barangnya.

Pada tanggal 19 Februari 2016, Penjual memasukkan No.resi pengiriman, tetapi keanehan mulai nampak, Penjual memasukkan No.resi dengan tujuan atas nama orang lain dan alamat lain. Saya langsung mengirimkan pesan kepada penjual untuk mengingatkan penjual bahwa dia salah memasukkan resi, dan penjual mengatakan akan melakukan pengecekan.

Pada tanggal 20 Februari 2016 Saya mengingatkan kembali penjual untuk segera merubah No.resi pengiriman apabila memang benar barang tersebut telah dikirim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun