Mohon tunggu...
Lulu Yahdillah
Lulu Yahdillah Mohon Tunggu... -

I love music and writing!

Selanjutnya

Tutup

Healthy

PMS, Go Away!

10 Januari 2013   05:33 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:20 1466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Girls, mesti pernah ngrasain kan tiba-tiba menjadi uncozy feeling or something freak dalam diri kita, whatever. Mudah tersinggung, mudah marah, bete, cengeng, sedih, desperate, dan bawaannya pengen dingertiin, diperhatiin, diturutin mulu keinginannya! Huh, jadi manja 2 kali lipat! Ditambah lagi dayaloading pikiran kita jadi agak lelet, cenderung sulit berkonsentrasi, pelupa, dan mudah terpicu kebingungan... Nyadarin ngga? Yap, itu gangguan psikis bulanan buat kaum hawa pada umumnya.

Belum lagi gangguan fisik saat PMS, ough! Pusing-pusing, nyeri di bawah perut, payudara terasa nyeri atau mengencang dan badan mudah pegal-pegal, biasanya memang mengganggu aktivitas para cewek, ntah waktu di kantor, kampus, maupun sekolah.

Ketika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, itu tandanya signal kedatangan tamu bulanan, sudah kamu terima!

PMS memang menyebalkan, tapi kita ngga sendirian kan, Girls, sebagai cewek merupakan keadaan yang normal. PMS (Pre-menstruation Syndrom) secara biologis memang kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berkaitan dengan siklus saat ovulasi dan haid. Apa itu ovulasi? Ayo diinget-inget lagi pelajaran Biologinya... 

13577956671869816653
13577956671869816653

Aku punya beberapa tips untuk mengatasi PMS:

1. Cobalah luangkan waktu untuk berolahraga menjelang masa haid, meskipun emang solusi olahraga ini biasanya terbentur dengan kendala MALES dan SIBUK. Tapi coba dulu seminggu sebelum masa haid, jogging pagi atau senam... Yah, OK walaupun misalnya ngga rutin olahraga tiap hari, tapi kalo bisa kesampaian 3 kali seminggu sebelum masa haid, kan udah lumayan banget!! Syukur-syukur bisa seminggu full exercise...!!

2. Lalu cara lainnya, sebelum masa haid adalah dengan berpuasa... Bagi yang muslim, alangkah baiknya puasa Senin-Kamis rutin. Sebab dari situlahhabitkita – berpuasa itu – nantinya kita akan terbiasa mengontrol nafsu makan. Beneran!! Atau bisa juga dengat cara diet. Janganlah makan cemilan-cemilan yang sebenarnya malah bikin gendut, dan bisa menganggu sistem reproduksi kita,Girls.

SEBAIKNYA HINDARI MENGKONSUMSI MAKANAN-MINUMAN INI:

  • keripik, snack, karena mengandung garam
  • minuman bersoda, sirup karena banyak mengandung gula
  • kopi, karena mengandung cafein
  • gorengan-gorengan
  • ice cream
  • protein hewani olahan, seperti: keju, susu sapi

Hmm... bukankah makanan-minuman yang sebaiknya dihindari tersebut justru menggoda semuaaa... ?

13577955551779024496
13577955551779024496
Tapi demi kesehatan, kita kudu tlaten dan patuhi....
1357795535346149506
1357795535346149506

Sebagai gantinya, kita sepatutnya mengkonsumsi makanan sehat berikut ini:

  • Sayuran-sayuran
  • Polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan
  • Kecambah
  • Sumber kedelai, seperti susu kedelai murni, tahu, tempe
  • Seafood
  • Daging Ayam
  • Air putih
  • Minuman ramuan kunyit asam (Rekomendasi buatmu,Girls!) Memang kita kudu tlaten kalo memilih untuk bikin sendiri... Bahan-bahannya sangat hemat harganya... dibandingkan beli minuman sejenis itu dalam kemasan botolan siap saji.

3. Cukup tidur. Jangan terlalu banyak begadang, atau sering tidur larut malam!

4. Dengerin lagu-lagueasy listening, genresoul,pop.  At least, bisa menenangkanmoodkita.

5. Makan teratur, terutama sarapan pagi. Penting itu!

6. Minum vitamin.

Pencegahan memang lebih baik dari Pengobatan bukan?  Jadi, silakan dicoba.... Semoga bermanfaat...

1357795479639438409
1357795479639438409

Oh iya, gangguang PMS yang biasanya agak menggangguku secara psikis yaitu gampang tersinggung dan cengeng. Tapi, hal itu hanya sesaat aja, ngga sampe berlarut-larut.  Paling mentok ngga bisa teratasi sendiri, terkadang aku mengirim SMSgejeke orang terdekat: “Pengen nangis tapi ngga bisa...”atau“Pengen marah tapi ngga ngerti kenapa...” bahkan“Kamu mau ngga aku marahin?”Hahaha... Aneh parah ya... PMS bikin kita seakan tiba-tiba jadi kehilangan seperempat dari jiwa kita untuk sementara...

1357795419350720652
1357795419350720652

Dulu semasa mahasiswa dan masih ngkos, aku punya temen deket, karena memang kamar kami berdekatan. Sebut aja, Diana. Dia kebetulan tipe melankolis sepertiku.Moodatau suasana hati kita ngaruh ke hari-hari kita. Kalo pas lagi PMS, Diana bawaannya bete mulu dan ngga ramah tiba-tiba. Huehehe... Ujung-ujungnya, dia terus minta sori ke aku, karena dia menyadari bahwa karena efek PMS, aku jadi kecipratan kenabete-nya. Malahan Diana jadi curhat ke aku, bahwa cowoknya pun juga kena getahnya, dimarah-marahin ngga jelas, dan dia jadi tukang ngambek meski hanya karena perselisihan sepele...

13577955811983646456
13577955811983646456

1357795375383375412
1357795375383375412

Hmm... yah pernah juga sih aku ngalamin semacam begitu. Seseorang, anggap aja namanya, Juwan, dia pernah jadi sasaran ‘marah-marah’ku. Padahal waktu itu kami sama-sama masih lagi kerja, tapi diriku lagi ter-connectsinyal PMS, makanya bawaannnya emosi! Aku mengirim pesan singkat padanya, “Aku pengen marah, pokokny sebelll! Aku marah-marahin kamu aja yaaa!” Dia bilang dengancooldan pengertian, “Iya gapapa, marah-marah aja...”

Ridiculous! Bikin ketawa sendiri kalo keinget masa bersama Juwan... Hmm... masa lalu yang tak terlupakan... Yang jadi pertanyaan kenapa mantan terindah itu harus disertai dengan sakit hati ya... (LHOH, LHOH, LHOH, kenapa topiknya jadi di luar jalur gini... maappp!

1357795691977706962
1357795691977706962
)

JadiBoys, harap maklum ya, kalo tiba-tiba cewek Anda tiba-tiba berubah jadi Mak Lampir, tapi tenang aja, itu hanya beberapa hari doank, selanjutnya kan jadi Putri Salju yang baik hati lagi...

Syukurnya sih, para pria udah banyak mengerti akan hal ini. Mereka sudah terbiasa untuk pengertian ketika ada kalanya dalam 1 bulan, kekasih mereka suka ‘marah-marah’gejeatau mengeluh sedang nyeri haid.

Yap, buatku nyeri haid itulah yang menjadi momok bulanan yang paling menyebalkanku! Apalagi pas lagi kerja di kantor.Annoying!

Biasanya aku pas hari pertama haid, ngerasa sakit di bawah perut. Setelah hari berikutnya, udah kayak biasa aja... Aku enggan minum obat pereda nyeri haid selama masih sanggup kutahan. Karena memang sebenernya kan kurang baik jika dikonsumsi rutin saat diserang nyeri haid.

Pernah, suatu hari, aku ngerasa kesakitan buanget, pas ‘kedatangan tamu’ hari pertama. Saat itu baru aja sampe kantor. Perutku mules-mules. Ternyata lagi ‘dapet’. Gilakk, baru kali itu aku ngerasa kesakitan banget karena nyeri haid. Bahkan aku kudu rehat kerja sementara dulu untuk meredakan nyeri. Untungnya teman-teman kantor baik-baik dancarengliat aku sakit. Aku dibuatkan teh hangat dan dibelikan obat nyeri haid.

Kata temenku yang merawatku di musholla – tempat UGD sementara – wajahku kelihatan pucet banget dan kakiku dingin. Emang aku lagi nahan sakit itu! Haduhh, jadi keinget ibu yang ngelahirin, gimana rasa sakitnya berlipat-lipat daripada rasa sakit nyeri haid, ngga sebanding!!

1357795894475427064
1357795894475427064

Setelah 2 jam beristirahat dan obat bereaksi, alhamdulillah keadaanku pulih kembali dan bisa bekerja selayaknya orang sehat wal’afiat, padahal tadi pagi kayak orang ‘kolaps’.

Aku nginget-nginget lagi kenapa kok bisa sampe kayak gitu. Akhirnya aku berinisiatif untuk menyempatkan diri periksa ke dokter. daripada parno kenapa-kenapa...

Waktu itu, untuk pertama kalinya, aku dicek USG. Lucu, jadi keinget wanita hamil...hehehe.  Alhamdulillah, kata dokter, hasilnya ngga kenapa-kenapa.

Kurenungkan lagi kenapa nyeri haid yang sakit banget bisa terjadi, barangkali karena waktu itu aku lagi didera faktor psikis beban pikiran dan kelelahan aktivitas kerja ya... juga mungkin karena kurang tidur...

Jadi untuk antisipasi, kita kudu ancang-ancang menjaga kondisi kita jangan sampedropatau stres menjelang masa haid... Alhamdulillah, selama kondisi fisik dan psikisku sedangfine, gangguan nyeri haid itu bisa teratasi.

Oh ya, pembahasan di atas, aku juga bilang bahwa cukup tidur dan sarapan pagi itu penting itu kenapa? Karena tips itu adalah sebagai antisipasi kita untuk menangkal gangguan mulai dari masa PMS hingga masa haid itu sendiri.

Ada cerita tersendiri karena aku bilang seperti itu, karena terselip pengalaman berkesan lain dan masih berhubungan dengan keluhan menstruasi.

1357795153183876621
1357795153183876621

One day, aku lagi jalan-jalan kemalldengan adik kos, panggil aja Sinta. Pas lagi jalan, aku mulai ngerasa gejala nyeri haid. Wah momok datang lagi, gawat!! Niatnya mau seneng-senengrefreshingkok malah ‘dihantuin’ gini!So, beneran, akukolaps! Sinta kebingungan! Bahkan dalam rintihan sakitku, aku minta tolong dia untuk mbeliin aku obat pereda nyeri haid aja, karena aku udah ngga tahan! Ditambah lagi aku muntah. Jiahh,  pake acara muntah segala! Yah, rasanya aku juga kena masuk angin karena belum makan pagi,  terus semalem tidur larut malam, lalu sekarang nekad bepergian perjalanan Gresik-Surabaya. Ckckck... sepertinya kondisi tubuhku lagi drop dan kurang asupan energi tanpa kusadari...

Di dalammall, aku duduk di kursi sambil menahan sakit dan menunggu Sinta datang membawa obat. Rasanya laamaaa banget... Padahal aku udah ngga tahan.... Bahkan aku sampe minta tolong ke orang-orang yang duduk di sebelahku untuk sekiranya berkenan membelikanku obat.Astagfirullah, mau ngga mau aku ngrepotin orang yang ngga kukenal dengan sangat terpaksa... Mereka terdiri dari ada bapak, ibu, dan 1 anaknya masih kecil. Aku minta tolong pada Si Ibu.

“Bu... aku minta tolong, Bu belikan obat, perutku sakittttt.... Temenku belum dateng...” pintaku dengan menahan sakit dan wajah pucat pasi.

Ibu itu menolak halus, “Ini mau pulang...” jawabnya tak menghiraukan kondisiku yang tak berdaya.

Officially, I was ignored!! Aku agak kesal dengan mereka karena ternyata mereka tidak langsung beranjak dari kursi itu, masihstayingdi sana beberapa saat.

Ya Allah... kok mereka tega...

13577950362115466687
13577950362115466687
Apakah mereka menganggapku yang sudah seperti orangkolapsini  justru seperti penipu atau penjahat?? Padahal aku membutuhkan pertolongan mereka...
1357794999516951455
1357794999516951455

Akhirnya, aku pasrah, sepasrah-pasrahnya... Aku hanya bisa menahan rasa sakit nyeriku sekuat tenaga yang tersisa..... Beberapa lama kemudian, akhirnya Sinta datang! ALHAMDULILLAH! Tapi kulihat Sinta masih panik. Dia khawatir jika aku sampe pingsan...

Setelah minum obat dan makan, alhamdulillah, kondisiku membaik. DUHHH KAPOK dahhh!Next time, kalo udah menjelang masa haid, harus jaga kondisi tubuh!

Selama aku bisa cerdik menjaga kondisi tubuh menjelang kedatangan tamu bulanan, gangguan PMS dan keluhan menstruasi bisa teratasi!

13577946991469805612
13577946991469805612
(Lulu')

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun