Mohon tunggu...
Lukman nulhakim
Lukman nulhakim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Konten Writers

Konten Writers

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Miskin

29 September 2021   20:37 Diperbarui: 29 September 2021   21:19 28 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kebiasaan yang membuat kamu Miskin

Hidup adalah sebuah pilihan, setiap yang kamu lakukan itu yang kamu pilih. Menjadi kaya adalah sebuah pilihan ketika kamu berusaha sangat keras, menjadi miskin juga sebuah pilihan ketika kamu bermalas-malasan.

Ada beberapa habit atau kebiasaan yang membuat kamu bikin miskin, hal yang dianggap sepele namun berefek sangat besar terhadap hidup.

  • Membelanjakan uang yang kamu gak punya

Gali lobang tutup lobang, kamu belanja dengan cara berutang. Mau liburan ada Pay Later, belanja fashion, gadget, atau barang-barang lainnya menggunakan kredit. Kadang kita gak sadar tiba-tiba ada tagihan yang gede, kamu sudah terjebak oleh kebiasan ini, yang membuat keuanganmu gak maju.

  • Tidak mengatur keuangan

Kamu perlu mencatat seberapa besar atau kecil penghasilan dan pengeluaranmu. Dengan mencatat seberapa banyak pengeluaranmu, kamu akan mengetahui mana yang bikin kamu bokek. Sehingga kamu bisa mengurangi hal itu, dan bisa mengimprove keuanganmu.

  • Cuman Punya Satu Pemasukan

Penghasilan sama gaji sangat berbeda, jika kamu mengandalkan pemasukan dari gaji untuk menuju kaya akan lama. Tambah penghasilanmu dengan melakukan bisnis. Orang kaya, mereka mempunyai beberapa sumber penghasilan. Ini dilakukan untuk antisipasi kalau sumber penghasilanmu berhenti, dan masih punya cadangan penghasilan.

  • Tidak Belajar Investasi

Orang terkadang sudah terjebak pada zona nyaman, mereka tidak ingin memulai hall yang baru untuk tercipta sebuah perubahan. Tidak mau belajar investasi, karena tidak punya uang. Padahal investasi bukan hanya sekedar uang, menggunakan waktu sebaik mungkin dengan melatih kemampuan atau mencari ilmu juga sebuah investasi.

  • Gaya Hidup Yang Gak Baik

Kalangan anak muda kini telah menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Jarang olahraga, begadang, makan tidak teratur. Dilakukan hanya untuk kesenangan sesaat, dan menimbun penyakit dikala tua nanti, yang butuh biaya yang tidak sedikit.

Tidak ada kata terlambat dalam hal kebaikan, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Mari kita mulai pola hidup yang baik, untuk masa depan nanti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan