Mohon tunggu...
Lukman nulhakim
Lukman nulhakim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Konten Writers

Konten Writers

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Cara Mengatasi Writer's Block Saat Menulis

25 September 2021   15:04 Diperbarui: 25 September 2021   21:28 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Cara mengatasi Writers Block saat menulis

Writers Block adalah kondisi seseorang ketika menulis menghadapi kebuntuan. Writers Block ini biasa terjadi oleh seluruh orang yang sedang menulis.

Baik penulis pemula atau penulis handal pasti selalu menghadapi kebuntuan ketika menulis, kondisi ini sangat lazim terjadi, ada beberapa factor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Kurangnya referensi kosa kata adalah factor paling berpengaruh terhadap Writers Block.

Tanda kamu sedang menghadapi Writers Block adalah pikiran yang sulit focus disebabkan oleh otak yang sudah kelelahan.

  • Istirahat

Istirahatkan otakmu sampai bisa menulis lagi dengan tenang, ketika menulis membutuhkan pikiran yang tenang, karena menulis adalah sebuah proses menumpahkan kata-kata. Mengistirahatkan otak bisa dengan jalan-jalan keluar rumah, nonton film atau mendengarkan musik. Namun jangan kelamaan istirahat, kamu harus segera melanjutkan tulisanmu

  • Baca Buku

Menjadi seorang penulis juga menjadi seorang pembaca, dengan membaca kamu akan lebih banyak mendapat kosa kata baru, yang berpengaruh terhadap tulisan kamu. Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin kaya juga kosa kata yang kamu kuasai.

  • Nonton Film

Selain membaca buku, nonton film adalah salah satu cara mempermudah proses penulisanmu, lebih dari itu, nonton film menambahkan referensi baru bagi kamu. Tontonlah genre film yang ada kaitannya dengan tulisanmu.

  • Mendengarkan Musik

Bagi sebagian orang, mendengarkan music adalah sebuah relaksasi terhadap pikiran. Dari music, kamu akan menemukan perpaduan kata baru. Music bisa disebut puisi bernada, para musisi selalu membuat paduan kata yang unik dan bagus.

  • Ngobrol dengan orang lain

Mendengarkan cerita dari orang lain, semakin menambahkan referensi tulisanmu, mengobrol dengan orang yang mempunyai cerita yang related dengan tulisanmu.

Itu dia sebagian tips mengatasi kebuntuan ketika menulis, setiap orang mempunyai jalan keluar yang berbeda. Yangpaling penting adalah selesaikan tulisanmu dan bikin sejarah dengan tulisan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan