Lukmanul Hakim
Lukmanul Hakim

Jurnalis Warga CBMNews.net - Koordinator Jurnalis Warga Pemalang - Anggota Panwaslu Kecamatan Larangan kab. Brebes

Selanjutnya

Tutup

Media

Sosial Media Solusi Publikasi Masa Kini

11 Januari 2018   13:33 Diperbarui: 11 Januari 2018   13:34 732 0 0
Sosial Media Solusi Publikasi Masa Kini
screenshot pribadi

Informasi saat ini tentu lebih mudah didapat diberbagai sumber, bukan hanya media cetak. Akan tetapi, media "maya" pun seakan mendominasi dan menggeser media cetak. Sehingga, tidak sedikit media cetak yang juga memiliki ruang informasi bagi pemain dunia "maya". Selain media website untuk pemberitaan atau informasi terkini, ada juga media sosial sebagai wadah informasi sekaligus publikasi berita dari web portal berita atau lainnya.

Siapa sih yang tidak punya Facebook ? hampir semua orang memiliki FB. Informasi setiap hari berkumpul di FB, baik berita fakta, bahkan sampai berita yang tidak ada sumbernya alias Hoax. FB ibarat pedang yang memiliki dua mata sisi, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Jangan sampai FB menjadi boomerang untuk melakukan kejahatan.

Lain FB, lain lagi dengan Whatsapp (WA), Instagram, Twitter atau lainnya. Semua memiliki peran masing-masing sebagai wadah informasi bagi orang. Komunikasi pun bisa terjalin melalui Grup WA, mengirim informasi, undangan rapat, kegiatan dan lainnya. Sekarang tinggal dikirim via WA dengan format PDF, JPEG atau format lainnya. 

Media sosial yang sudah tergerus adalah Blackberry (BB), tertutup oleh Whatsapp yang mudah untuk komunikasi. Perlahan, orang un install aplikasi BB. Akun BB pun jarang ditanyakan, saat ini yang ditanyakan Nomor WA nya berapa ?

Kembali ke FB, status di FB atau menulis informasi di Grup atau Fanpage dari Facebook pun bisa salah satu solusi alternatif dalam membagikan informasi, semisal Lowongan Pekerjaan dan info lainnya. Dengan menautkan website, gambar maupun tautanlainnya, bisa dilakukan memalui FB.