Mohon tunggu...
Lukman Yunus
Lukman Yunus Mohon Tunggu... Tinggal di Desa

Petani

Selanjutnya

Tutup

Digital

BDK Denpasar Bali Gelar Diklat E-learning

7 Juni 2020   08:02 Diperbarui: 7 Juni 2020   08:08 55 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BDK Denpasar Bali Gelar Diklat E-learning
BDKdenpasar.com

Balai Diklat Keagamaan (BDK) Denpasar, Bali merupakan lembaga yang diberi kewenangan resmi dalam hal meningkatkan kompetensi Guru Pendidikan Agama, Penyuluh Agama, dan sasaran lainnya. Program diklat sendiri, berdasarkan informasi yang dimuat di website BDK Denpasar, Bali dijadwalkan berdasarkan kategorisasi semester (1 dan 2). Jadi, agenda diklat sudah menjadi rutinitas dari tahun ke tahun.

BDKdenpasar.com
BDKdenpasar.com

Berkaitan dengan tempat pelaksanaan diklat, BDK Denpasar, Bali saat ini memiliki dua kampus yang dapat digunakan untuk kegiatan diklat. Kampus untuk kegiatan diklat tersebut tentunya sangat membantu dalam menunjang suksesnya penyelenggaraan setiap agenda diklat. Dengan begitu, BDK Denpasar, Bali dalam hal ini sudah dikatakan mandiri atau dengan kata lain tidak menyewa tempat lain untuk penyelenggaraan diklat.

Latar Belakang Gagasan Diklat Jarak Jauh

Seperti yang kita ketahui bersama, Covid-19 di tanah air sangat berdampak pada berbagai sendi kehidupan manusia. Terdapat pola baru interaksi manusia di dalam masyarakat yang di atur sedemikian sistemik diantaranya social distancing, menggunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan kegiatan belajar, pekerjaan kantor, dan lainnya dilakukan secara daring.

Dalam konteks ini, BDK Denpasar, Bali sebagai lembaga yang berwenang dalam hal meningkatkan kompetensi sasaran diklat yang mencakup Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur mengupayakan untuk tetap melaksanakan program diklat seperti sebelum-sebelumnya. Tentu dengan melihat kondisi nasional maupun global saat ini yakni menghadapi Covid-19, maka cara-cara harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. 

Saat pandemik ini, lembaga BDK Denpasar, Bali telah melahirkan satu paradigma baru bahwa penyelenggaraan diklat yang notabenenya dilakukan secara langsung kini berubah yakni dilakukan menggunakan sistem daring. Dalam istilah BDK Denpasar, Bali menyebutnya DJJ (Diklat Jarak Jauh) dan atau diklat E-learning (diklat online).

Paradigma baru diklat pada situasi pandemik ini, khususnya BDK Denpasar, Bali memulainya dengan perencanaan yang matang. Langkah yang diambil antara lain mengadakan pertemuan guna membahas konsepsi paradigma DJJ. Tentu saja hal ini memerlukan waktu, pikiran, dan tenaga yang maksimal dalam menghendaki tercapainya Diklat dalam wajah baru tersebut.

BDKdenpasar.com
BDKdenpasar.com
Alhasil, pada tanggal 2 Juni lalu salah satu jenis diklat dalam kegiatan DJJ yaitu bertajuk Moderasi Beragama dibuka dan sementara berlangsung hingga tanggal 24 Juni. Sebelumnya peserta yang resmi mengikuti kegiatan diklat ini telah melalui proses penyeleksian ketat berdasarkan kriteria yang sudah menjadi ketetapan panitia penyelenggara diklat. 

DJJ Moderasi Beragama dengan sistem online, tentu sudah pasti berbeda dengan model diklat secara langsung. Aktifitas pembelajaran selama diklat ini dilaksanakan secara online mulai dari penyampaian materi secara online melalui video, bahan tayang, bahan ajar, tatap muka online melalui aplikasi meeting online/live chat, dan evaluasi melalui kuis/LK.

Kekurangan dan Kelebihan Diklat Jarak Jauh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN