Mohon tunggu...
Lukita perwita sari
Lukita perwita sari Mohon Tunggu... Auditor - MAHASISWI PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAl UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

bio harus diisi tapi gatau

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Kebijakan Amerika Serikat terkait Perang Dagang antara Amerika-China

23 Januari 2020   09:11 Diperbarui: 23 Januari 2020   09:23 3327 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebijakan Amerika Serikat terkait Perang Dagang antara Amerika-China
Sumber: US. International Trade Commission (USITC) Data Web

 Menurut data yang diperoleh Amerika Serikat merupakan negara dengan tingkat ekonomi dan teknologi yang  terkuat di dunia dengan GDP mencapai US$ 19,39 triliun per kapita pada tahun 2017, yang merupakan seperempat dari GDP nominal dunia ( Statista, 2018).

 Pendapatan per kapita Negara Amerika sendiri merupakan pendapatan per kapita tertinggi yang ada di dunia. Amerika Serikat merupakan negara produsen minyak bumi yang terbesar di urutan ketiga dan juga produsen gas alam terbesar urutan kedua di dunia. Sedangkan China sendiri memiliki GDP perkapita yang mencapai US$ 12,24 triliun pada tahun 2017 dibawah Amerika Serikat.

Amerika Serikat sebagai Negara yang menganut liberalisme jelas mempercayai bahwa perdagangan bebas merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuannya, salah satunya adalah melalui kerjasama. 

Kerjasama Internasional dapat diartikan sebagai kerjasama yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara. Rezim Internasional sebagai hasil dari kerja sama Internasional adalah seperangkat instrumen yang dapat digunakan negara untuk mencapai tujuan masing-masing Negara tersebut(Poletti, 2017).

Kerjasama Internasional akan terjadi ketika aktor-aktor Internasional saling menyesuaikan perilaku dan sikap terhadap preferensi masing-masing melalui proses koordinasi kebijakan (Clackson, 2011). 

Pada dasarnya, kerjasama seharusnya mengarah pada hasil yang akan diperoleh negara-negara yang terlibat. Kerja sama Internasional haruslah melibatkan dua aktor atau lebih. Pemahaman mengenai adanya common interest digunakan sebagai dasar dalam kerja sama Internasional (Hasenclever et all, 2007).

Menurut kaum liberal, menggunakan instrumen militer (hard power) tidak lagi menjadi yang penting di era modern ini sehingga kerjasama antar negara akan menjadi perhatian dunia, meskipun sebelumnya dianggap sebagai hal yang tidak mungkin terjadi. 

Fenomena tersebut memperkuat perspektif kaum liberal yang mengambil pandangan positif tentang sifat manusia. Sebagai salah satu teori utama hubungan internasional, liberalisme percaya bahwa kebebasan, kerjasama, dan perdamaian membawa manusia kepada kemajuan dunia Internasional sehingga perang bisa terhindarkan (Jackson & Sorensen, 2013). 

Namun, karena dianggap terlalu idealis, teori ini menyempurnakan diri ke arah yang lebih modern dan disesuaikan dengan jaman agar  bisa lebih diterima dunia secara luas dan meninggalkan kesan khayalan. Istilah neoliberalisme kemudian muncul sebagai pendekatan liberal yang diperbaharui dengan menggunakan ide dari kaum liberal klasik (Jackson & Sorensen, 2013).

Neoliberalisme sendiri dianggap sebagai teori yang lebih ampuh dari pada teori pendahulunya, yaitu liberalisme. Cakupan dari neoliberalisme juga bertambah luas, yaitu mengenai keamanan, kesejahteraan, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. 

Teori neoliberalisme erat kaitannya dengan kerjasama Internasional yang bercirikan adanya interdependensi kompleks, karena ada banyak bentuk hubungan antara masyarakat selain dari pemerintah. Neoliberalisme mengangkat tema mengenai eksistensi organisasi dan kerja sama Internasional yang didasarkan pada ekonomi (Martin, 2007). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN