Mohon tunggu...
lukiluki ananta
lukiluki ananta Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

INTROVERT

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari

Kerusakan Lingkungan yang Diakibatkan oleh Ulah Manusia

1 Agustus 2022   08:38 Diperbarui: 1 Agustus 2022   08:42 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Lestari. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Lingkungan yang seharusnya menjadi tempat hidup  tinggal para makhluk hidup yang ada di muka bumi ini termasuk manusia,hewan, tumbuhan harus kita jaga kelestariannya. Lingkungan sangat penting bagi kelangsungan hidup bagi makhluk hidup. karena apabila lingkungan tidak ada maka manusia,hewan, tumbuhan tidak dapat bertahan hidup. 

Namun sekarang lingkungan mengalami kerusakan. itu semua akibat dari manusia yang tidak bertanggung jawab. contohnya manusia yang setiap harinya menebang pohon-pohon secara liar yang tidak diselingi dengan penanaman pohon kembali sehingga hutan menjadi gundul  tanah tidak dapat menyerap air dengan baik bahkan pohon tidak dapat menghirup karbondioksida diudara, membuang sampah sembarangan seperti membuang sampah ke kali adalah salah satu contoh yang patut untuk ditiru akibat dari pembuangan sampah secara liar mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti contohnya banjir  berdampak buruk pada kehidupan makhluk hidup. 

Ulah manusia tersebut dapat berakibat fatal,mereka mengatas namakan bisnis  mengesampingkan lingkungan tanpa mudah memikirkan anak cucu mereka kelak. Mungkin berbuat itu sangat mudah tetapi kalua mengembalikan seperti semula sangatlah sulid. 

Oleh sebab itu, agar bencana alam tidak terulang kembali, kita sebagai manusia dimuka bumi ini yang sudah diberikan kekayaan alam yang sangat berlimpah seharusnya kita berterimakasih kepada Tuhan dengan cara menjaga  tidak merusak alam  menjaga lingkungan ini. 

Mulai dari sekarang marilah untuk menjaga kelestarian alam yang sangat melimpah agar alam tidak marah kepada manusia akibat perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab dalam merusak hutan dengan melakukan penanaman pohon  tidak merusak alam sehingga makhluk hidup tidak menggangu pekarangan rumah terkadang banyak hewan hewan yang kehilangan habitat nya karena ulah manusia dengan hilangnya habitat mereka mereka tidak tahu harus ke mana lagi karena habitat nya sudah dirusak oleh manusia di samping itu pun terkadang ada hewan yang mati karena habitat nya dibakar oleh manusia untuk peluasan lahan bisnis mereka dengan cara membakar hutan kita tidak tahu di dalam hutan masih banyak hewan hewan dilindungi oleh negara yang mati sia-sia karena ulah para manusia dampak dari pembakaran hutan oleh manusia mengakibatkan flora  fauna kehilangan habitatnya. 

Akibatnya mereka akan kekurangan tempat perlindungan bagi mereka tempat perlindungan mereka  stok makanan mereka akan menipis karena dampak dari pembakaran liar yang dilakukan manusia dampak dari pembakaran hutan ialah menyebabkan satwa liar bermigrasi ke permukiman penduduk mereka mencari makanan didekat permukiman manusia. karena hewan tidak mempunyai pilihan lagi karena tampat mencari makanan di habitatnya sudah terbakar habis oleh manusia migrasi ini kadang membuat hewan liar berkeliaran didaerah padat penduduk  menimbulkan konflik. 

Dengan kedatangan mereka manusia mengira mereka dating untuk mengganggu manusia sebetulnya hewan ke permukiman penduduk karena habitatnya di sana sudah tidak ada kesediaan pangan untuk mereka yang seharusnya mereka berburu untuk makan nya tidak ada karena ulah para manusia yang merusak habitat mereka. 

Dampak lain dari perusakan habitat hewan bisa mati karena menghirup asap yang mengandung bahan kimia karena membakar lahan bisa menggunakan bahan kimia agar mempercepat pembakaran lahan yang tidak memikirkan hewan yang ada di dalam hutan begitu api membakar lahan hutan hewan hewan yang ada di dalamnya pasti ada yang terbakar hidup-hidup karena terperangkap dalam kebakaran hutan. 

Sama seperti manusia , hewan itu mati lebih cepat dikarenakan sesak nafasm bukan karena panas. Bahkan burung kecil yang terbang rendah bisa mati karena menghirup asap atau kelelahan. 

Dampak berikutnya ialah hewan yang lambat pergerakan nya kemungkinan besar akan mati sia sia koala adalah hewan dengan pergerakan yang bergerak lambat, sehingga menyulitkan bagi mereka untuk melarikan diri. Kebakaran hutan di Kalimantan Tengah menyebabkan para hewan termasuk hewan yang dilindungi Orangutan terjangkit infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA akibat kabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan. 

Tidak hanya hewan hewan dilindungi mati ada pula yang dampak lain dari kebakaran hutan ialah kerusakan lingkungan hutan adalah matinya pepohonan. ketika pohon-pohon yang ada dihutan mengalami kebakaran, makan secara otomatis pohon itu akan mati, sedangkan kita sendiri mengetahu sangat lah penting pohon ada di sekitar kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan