Mohon tunggu...
Luita Dratistiana
Luita Dratistiana Mohon Tunggu... Analis Humas

PPSDM Migas merupakan pusat pengembanga SDM subsektor migas yang berada di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sebagai unit kerja di bawah Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Medco E&P Natuna Gandeng PPSDM Migas Latih Operator Scaffolding Handal

5 Mei 2021   13:09 Diperbarui: 5 Mei 2021   13:18 29 1 0 Mohon Tunggu...

Kebutuhan personil tenaga teknik khusus (TTK) yang mempunyai kompetensi kerja standar sektor industri migas, makin dirasakan karena sifat industri migas yang padat teknologi, padat modal dan berisiko bahaya yang tinggi dan harus dimiliki bagi pekerja baik itu sektor hulu, hilir dan penunjang sektor migas antara lain untuk bidang scaffloding.

Seorang Scaffolder dalam bekerja harus dapat melaksanakan dan menerapkan kaidah-kaidah keselamatan kerja scaffolding sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menjadi seorang scaffolder yang profesional, maka pekerja tersebut harus mengikuti pelatihan sertifikasi scaffolding.

Maka dari itu, PPSDM Migas menyelenggarakan pelatihan Operator Scaffolding, yang di selenggarakan selama 2 (dua) hari, yakni dimulai hari Senin, 3 Mei 2021 sampai dengan hari Selasa, 4 Mei 2021 yang diikuti oleh pekerja dari  Medco E&P Natuna Ltd.

Selama mengikuti pelatihan ini, para peserta mendapatkan materi berupa Pengantar Pelatihan Scaffolding, Peraturan Perundang -- undangan K3, Peraturan Perundang-undangan Scaffolding, Pemeriksaan Scaffolding, Perhitungan Beban, Rancang Bangun Scaffolding.

Eva Khuzaifah, salah satu pengajar dalam pelatihan tersebut, menjelaskan tujuan dari pelatihan ini adalah  agar para peserta setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat memahami langkah-langkah pelaksanaan pemasangan dan pembongkaran scaffolding sesuai dengan peraturan dan standar yang berlaku melalui pesan singkat pada Selasa (4/5/2021).

"Para peserta diharapkan bisa menjadi operator Scaffolding yang handal setelah mengikuti pelatihan ini dan mengetahui dengan baik perundang-undangan yang berlaku dalam Scaffolding dan bisa menerapkannya dalam dunia kerja", pungkas Eva.

Hal senada juga di ungkapkan oleh, Khairul Wahab salah satu peserta pelatihan ini menjelaskan bahwa selama mengikuti pelatihan ini ilmu yang disampaikan menambah pengetahuan dibidang Scaffolding, pada Selasa (4/5/2021).

"Banyak sekali ilmu yang saya peroleh selama mengikuti pelatihan ini, seperti cara memasang scaffolding sesuai dengan standart dan cara merawat scaffolding dengan baik dan benar" tutup Khairul.

VIDEO PILIHAN